Clicky

Safari Isran-Hadi Tinjau Wilayah Utara Kaltim

KLIKSAMARINDA – Setelah melakukan kunjungan kerja dan peninjauan lapangan ke Kutai Kartanegara dan Kutai Barat atau wilayah barat Kaltim, Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, didampingi Ketua TP PKK Kaltim, Norbaiti beserta jajaran perangkat daerah dan Tim Gubernur Untuk Pengawalan Percepatan Pembangunan (TGUP3) mengunjungi wilayah utara Kaltim, yaitu Bontang, Kutai Timur dan Berau. Gubernur dan Wagub memulai perjalanan Kami pagi 24 Juni 2021.

Kepala Biro Infrastruktur Hj Lisa Hasliana menerangkan, tinjauan ini adalah agenda kedua Gubernur pada 2021 setelah sebelumnya ke wilayah Kutai Barat. Kunjungan kerja ini berlangsung selama 4 hari, mulai 24-27 Juni 2021.

“Guna melihat perkembangan pembangunan di berbagai sektor, diantaranrya pertanian, perkebunan, peternakan, infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertambangan, lingkungan hidup dan lainnya. Ini juga sekaligus silaturahmi dengan pemerintah daerah dan masyarakat di kabupaten/kota yang dikunjungi,” jelas Kepala Biro Infrastruktur Hj Lisa Hasliana,

Kunjungan kerja ini diikuti peserta kurang lebih 150 orang terdiri dari perangkat daerah, BBPJN, Dinas PUPR, Dinas Kelautan dan Perikanan Dinas ESDM Disperindagkop dan UKM, Dinas Kominfo, Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup, Biro Infrastruktur, Biro Ekeonomi, Biro Administrasi Pembangunan, Biro Humas dan Biro Umum.

Tepat pukul 10.41 Wita, rombongan kerja Gubernur Kaltim dan Wakil Gubernur tiba di Kota Bontang. Berlokasi di Pangkalan Pendaratan Ikan Tanjung Limau, rombongan kunker disambut Wakil Walikota Bontang Hj Najirah MD, Sekda Kota Bontang Aji Erlynawati bersama jajaran Forkopimda dan OPD di lingkup Kota Bontang

“Di Bontang dilakukan penyerahan bantuan untuk para nelayan di PPI Tanjung Limau dan Panen Raya Lobster serta tebar benih krapu di KJA Tanjung Limau” ujar Kepala Diskominfo Kaltim, Muhammad Faisal.
Selanjutnya, rombongan bergerak ke wilayah Kutai Timur untuk mengunjungi Pusat Perternakan Sapi Terpadu (PESAT) dan ke Kampung Iklim Kabo Jaya, Desa Swarga Bara.
“Di sana juga akan melakukan kegiatan peresmian dan penyerahan bantuan. Terakhir malam Ramah Tamah oleh Pemkab Kutai Timur di Gedung Serba Guna” ujarnya.
Hari Jum’at rombongan akan bergerak ke wilayah kabupaten Berau untuk melakukan kunjungan ke perkebunan sawit, peternakan ayam dan telur, pabrik kakao hingga kunjungan ke sekolah dan politeknik Berau,
“Banyak kegiatan yang dilakukan pak Gubernur di Kabupaten Berau ini hingga juga ke malam ramah tamah oleh Pemkab Berau,” ujarnya.

Beraneka olahan produk perikanan, peternakan dan pertanian asal kota berslogan Bontang yang Hebat dan Beradab ikut menyambut kedua pemimpin Benua Etam ini.

Mengawali sambutan, Gubernur Isran Noor menyebutkan kunkernya ini yang kedua setelah mengunjungi wilayah barat Kaltim (Kutai Kartanegara dan Kutai Barat).

“Seharusnya tiga tahun lalu, tapi di akhir 2019 musibah datang (wabah corona). Bersyukur, kita masih bisa melakukannya di tahun ketiga ini,” ujar Gubernur Isran Noor di hadapan pimpinan OPD lingkup Pemprov Kaltim, TGUP3 Kaltim dan Pemkot Bontang, juga Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti.

Menurut Gubernur Isran Noor, kunjungan kerja kedua di Benua Etam ini, tidak lain ingin bersilaturahim sekaligus menguatkan koordinasi dan memastikan program-program pembangunan terus berjalan.

Walaupun Covid-19 masih melanda dan belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, namun dia meyakinkan pemerintah terus melaksanakan kegiatan pembangunan meski dengan segala keterbatasan.

Gubernur Isran Noor mengakui, selama tiga tahun kepemimpinannya bersama Wagub Hadi Mulyadi tentu tidak sempurna dan belum banyak hasil menggembirakan, meski pun tidak sedikit hasil pembangunan telah dilaksanakan.

“Sampai di sini, saya jadi senang, suka,” ujar Gubernur Isran Noor saat di Pangkalan Pendaratan Ikan Tanjung Limau Kota Bontang.

Kehadiran orang nomor satu Benua Etam ini bersama Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi beserta jajaran Pemerintah Provinsi Kaltim dalam rangkaian kunjungan kerja ke wilayah utara Kaltim.

Diakuinya, Kota Bontang mengalami kemajuan pembangunan pesat, namun tidak mengabaikan perlindungan dan pelestarian alamnya.

“Tata kelola kota bagus, lingkungan bagus. Ni kada memujungi pang (ini tidak menyanjung, bahasa Banjar), Bontang memang bagus,” ujar Gubernur Isran Noor.

Baginya, wajar kalau Bontang meraih prestasi tingkat nasional, bahkan hutan Bakau (mangrove) masih alami dan asri, bukan semata karena ada penanaman.

“Bahkan baru saja ditetapkan kawasan atau zona konservasi. Sehingga makin terjaga, semakin indahnya nantinya kawasan ini,” ujar Gubernur Isran Noor.

Disebutkannya, kawasan atau hamparan hutan mangrove telah membentang luas sepanjang pesisir laut perairan Kaltim dan tumbuh alami serta masih terjaga keasrian dan kelestariannya.

Bentangan kawasan mangrove ini ujarnya, terdapat mulai dari Tanjung Aru (paling selatan wilayah Kaltim), hingga kawasan pesisir Kabupaten Berau.

“Kita memiliki kawasan seperti ini hampir 95 persen di Kaltim, kawasan Bakau yang indah sekali,” ujar Gubernur Isran Noor. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com