Wali Kota Samarinda Minta OPD Aktif Update Informasi di Platform Digital

Wali Kota Samarinda, Andi Harun memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Optimalisasi Layanan Digital Informasi Publik Pemkot Samarinda, di Gedung Balai Kota, Senin 21 Maret 2022 sore. (Foto: Dok Humas)

KLIKSAMARINDAWali Kota Samarinda, Andi Harun, memberikan penegasan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Samarinda agar lebih aktif memberikan update informasi kepada masyarakat.

Update informasi yang dimaksud adalah melalui platform digital seperti website atau portal resmi OPD bersangkutan hingga media sosial. Menurut Wali Kota Andi Harun, update informasi itu penting untuk menunjukkan kinerja pemerintah kepada publik atau masyarakat yang lebih luas.

“Portal informasi milik OPD yang mayoritas hampir tidak update dan tidak informatif dalam menyampaikan siaran berita. Kita berharap agar akselerasi pembangunan pelayanan aspirasi pengaduan, digitalisasi Keterbukaan Iinformasi Publik dan intergrasi akun medsos di tingkat OPD Kecamatan dan Kelurahan dapat sepenuhnya bekerja secara maksimal,” ujar Wali Kota Andi Harun dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Optimalisasi Layanan Digital Informasi Publik Pemkot Samarinda, di Gedung Balai Kota, Senin 21 Maret 2022 sore.

Hadir mendampingi Wali Kota Andi Harun, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah.

Wali Kota Andi Harun juga menyatakan bahwa banyak informasi program di OPD hingga ke level kelurahan sangat menarik untuk dikonsumsi publik. Sayangnya, informasi tersebut tidak terpublikasi dengan baik.

Karena itu, Wali Kota Andi Harun meminta agar portal dan medsos sebagai alat untuk penyebarannya sangat penting di sini.

“Jadi kalau OPD dan kelurahan punya admin yang bisa diandalkan, maka isi berita informasi yang akan terintegrasi dengan portal samarindakota.go.id tidak selalu dominan dengan kegiatan Wali Kota dan Wawali (Wakil Wali Kota, Red). Kalau bisa porsinya dikurangi, jadi publikasi nanti lebih cenderung kegiatan bapak dan ibu di instansi, biar berimbang,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Samarinda, Aji Syarif Hidayatullah menjelaskan bahwa Pemkot Samarinda tengah mematangkan aplikasi Samarinda Santer (Satu Aplikasi Terintegrasi) sebelum dibuka untuk publik.

Menurut Aji Syarif Hidayatullah, aplikasi itu memiliki fitur untuk mewadahi aspirasi warga Kota Tepian terkait masalah infrastruktur di lingkungannya yang bisa langsung direspon oleh OPD yang bersangkutan.

“Jadi kalau ada aspirasi warga seperti jalan rusak yang perlu perhatian pemerintah, tidak perlu lagi mencurahkannya lewat akun Facebook Busam, melainkan bisa langsung lewat aplikasi ini dan akan ditindaklanjuti oleh OPD terkait,” ujar Aji Syarif Hidayatullah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status