Clicky

KKP Samarinda Temukan 20 Anak Buah Kapal Vietnam Positif Covid-19

Konferensi Pers KKP Kelas II Samarinda Jumat 10 Desember 2021 di gedung aula KKP Samarinda.

KLIKSAMARINDA – Aparat dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Samarinda menemukan kasus konfirmasi Covid-19 20 anak buah kapal (ABK) dari kapal asing berbendera Vietnam dengan nama Kapal MV Viet Thuan.

Kepala KKP Kelas 1 Samarinda Solihin menyatakan, Kapal MV Viet Thuan dengan bendera Vietnam datang di perairan Muara Berau, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada tanggal 6 Desember 2021 silam.

Kini, menurut Solihin, kapal MV Viet Thuan masih berada di perairan tersebut. Para awak kapal yang berjumlah 22 orang itu tengah menjalani karantina dan pemeriksaan lanjutan dari instansi medis setempat.

Beberapa ABK yang mengalami gejala parah segera dirujuk ke Ruang Isolasi Rumah Sakit Umum Daerah Abdoel Wahab Syaranie (RSUD AWS). Sementara untuk jenis virus, Tim Dinkes Kaltim sudah mengambil sampel untuk Whole Genome Sequencing (WGS).

“Sebanyak 22 orang warga Negara Vietnam menjalani pemeriksaan oleh Tim Boarding KKP Kelas II Samarinda. Hasil pemeriksaan pada tanggal 6 Desember menunjukkan 18 ABK positif Covid-19. Kemudian pada 7 Desember bertambah, menjadi 20 ABK positif Covid-19,” ujar Solihin ketika melaksanakan Konferensi Pers, Jumat 10 Desember 2021 di gedung aula KKP Samarinda.

Pihak KKP Samarinda juga terus melakukan pengawasan terhadap kapal ini agar tidak ada aktivitas naik dan turun barang atau orang selama masih dalam karantina.

“Kami juga mengecek dan melaporkan kondisi kesehatan ABK setiap hari,” ujar Solihin.

Tim medis dari Dinas Kesehatan Propinsi Kaltim telah melakukan pengambilan sampel WGS. Namun, sampel itu belum dikirimkan ke Jakarta karena terkendala transportasi khusus. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com