Clicky

Presiden ke Samarinda Tinjau Vaksinasi Pelajar

KLIKSAMARINDA – Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan ke Ibu Kota Provini Kalimantan Timur, Samarinda, Selasa 24 Agustus 2021. Menyambut kedatangan Presiden RI itu, hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo, didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor Pangdam VI Mulawarman Mayjen Heri Wiranto, dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Heri Rudolf Nahak di Bandara APT Pranoto.

Kunjungan Presiden ke Kaltim ini melaksanakan berbagai kegiatan. Antara lain, peninjauan vaksin pelajar di SMPN 22 Samarinda, Jalan Pahlawan dihadiri Wali Kota Samarinda, Andi Harun. termasuk meninjau vaksinasi massal di Gedung Sport Center DOME Balikpapan. Sebanyak 1.000 warga yang akan divaksin, termasuk pelajar dan mahasiswa.

Pemberian vaksin massal yang dilaksanakan di Kaltim ini menggunakan vaksin merek Sinovac, Moderna, dan Astra Zeneca. Ada 100 anak yang divaksin saat kedatangan Presiden Jokowi. Secara total hari ini akan dilakukan vaksinasi kepada 1.053 siswa dari total 1.147 siswa.

Pada hari yang sama, juga dilakukan pemberian vaksin terhadap 24.226 orang. Lokasi pemberian vaksin, menurut Gubernur Isran Noor, tersebar di 10 kabupaten.

Terbanyak di Samarinda yakni SMP Negeri 22 khusus pelajar, kemudian Unmul Samarinda, Serbuan TNI di kecamatan-kecamatan, KKP Samarinda, serta 27 Puskesmas dan Labkesda.

Di Balikpapan, pemberian vaksin di Dome untuk 2.000 orang dan semua Puskesmas, di Bontang kegiatan vaksin dilaksanakan di Pendopo Walikota dan Gedung Dispora, Kutai Timur di Gedung Serba Guna Pemkab Kutim, Di Kukar berlokasi GOR Aji Imbut serta semua kecamatan, Paser kegiatan berlangsung di Pelabuhan Pondong dan semua Puskesmas, PPU berlokasi di Gedung Graha KNPI, Berau disiapkan di 3 lokasi yakni GOR Pemuda, Koramil Sambaliung dan PKM Teluk Bayur.

Sementara di Kubar terdapat 3 lokasi yakni Alu-Alun ITHO, semua Puskesmas dan Polres Kubar. Di Kabupaten termuda yakni Mahakam Hulu, pemberian vaksin dipusatkan di Tribun Kecamatan Ujo Bilang.

“Masyarakat yang mendapat vaksin dosis pertama, kedua atau ketiga merupakan masyarakat yang sudah memenuhi syarat dan terdata secara on line. Saat ini animo masyarakat untuk mendapat vaksin tinggi hanya saja ketersediaan vaksinya terbatas,” ujar Gubernur Isran Noor.

Selama di SMP Negeri 22 Samarinda, selain menyaksikan langsung pemberian vaksin kepada sejumlah pelajar, Presiden juga sempat berdialog dengan sejumlah Kepala Dinas Kesehatan Kutim, Kubar, dan Berau. Kepada para Kadis, Presiden menanyakan soal ketersediaan vaksin yang dijawab masih kurang.

“Nanti saya ke Dinkes, ke Pak Gub. Nanti juga segera ditranfer ke masing-masing daerah,” ujar Presiden.

Presiden Jokowi dan rombongan berada tidak lebih dari 15 menit di lokasi vaksinasi tersebut. Presiden kemudian akan meresmikan Jalan Tol Samarinda-Balikpapan seksi 1 dan 5, kemudian menandatangani prasasti dan melakukan uji coba jalan tol sejauh 12 kilometer.

Sesuai jadwal, sebelum ke Balikpapan, Presiden akan memberikan pengarahan kepada bupati walikota se Kaltim, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forlopimda) di Gedung Odah Etam Kompleks Kantor Gubernur Kaltim.

Kedatangan Presiden Joko Widodo yang kesekian kalinya ke Benua Etam, juga disambut antusias baik masyarakat maupun pelajar. Terlihat barisan pelajar yang membawa bendera merah putih berjejer sepanjang jalan yang dilewati iringan mobil Presiden dan rombongan. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com