Pameran Goes To Mall Sajikan Jejak Kebudayaan Hindu Budha di Kaltim

Pameran koleksi Museum Mulawarman di Samarinda Square, 2-5 Juli 2022. (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDA – Ada pemandangan berbeda di sebuah mal di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Pemandangan itu adalah berderetnya sejumlah arca dan benda-benda bersejarah lainnya.

Ternyata ada kegiatan dari Unit Pelayanan Teknis Daerah atau UPTD Museum Mulawarman di Mal Samarinda Squre. UPTD Museum Mulawarman tengah menggelar “Pameran Goes To Mall” di Samarinda Square, Jalan M. Yamin, Samarinda.

Pameran ini bertujuan untuk menyebarkan informasi yang berkaita dengan benda-benda sejarah. Khususnya, benda sejarah yang berkaitan dengan peninggalan Hindu Budha di Kalimantan Timur (Kaltim).

Pameran dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah III Drs. Mukhtar Lubis. Hadir dalam pembukaan, perwakilan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Kaltim, Kepala Museum Kayu Tua Himba Tenggarong, dan pengunjung Mall Samarinda Square.

Dalam sambutan, Mukhtar Lubis menyatakan bahwa dirinya berharap agar dalam sosialisasi dalam bentuk pameran relief dan arca juga foto-foto masa lampau kali ini masyarakat dapat lebih mengenal sejarah Hindu Budha di Kaltim.

Nantinya, menurut Mukhtar Lubis, masyarakat dapat berkunjung ke Museum Mulawarman yang ada di Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar).

“Saya harap masyarakat dapat lebih mengenal sejarah di Kalimantan Timur, dan nantinya juga bisa berkunjung ke Museum,” ujar Mukhtar Lubis.

Dalam laporan panitia yang disampaikan Kepala Seksi Konservasi dan Reparasi UPTD Museum Mulawarman, Drs. Zularfi selaku, kegiatan yang telah dilaksanakan kali kedua ini bertujuan untuk mendekatkan dan mempromosikan museum di masyarakat.

“Pameran Goes To Mall dilaksanakan mulai tanggal 2-5 Juli 2022 bertempat di Center Point Mall Samarinda Square dibuka untuk umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujar Zularfi.

Bagi Anda yang penasaran dengan koleksi Museum Mulawarman yang menggambarkan jejak kebudayaan Hindu dan Budha di Kaltim, bisa datang ke Samarinda Squre. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status