Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar Hadiri Pendaftaran Gerinda dan PKB ke KPU

Prabowo Subianto

Gerindra dan PKB daftar ke KPU Ri sebagai peserta pemilu 2024,

KLIKSAMARINDA – Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai calon peserta Pemilu 2024. Hadir dalam pendaftaran yang berlangsung Senin 8 Agustus 2022 tersebut, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Menurut Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Senin 8 Agustus 2022 hari kedelapan pendafataran partai politik peserta Pemilu 2024. KPU sendiri telah menjadwalkan pendaftaran parpol peserta pemilu 2024 pada 1-14 Agustus 2022.

“1-14 Agustus 2022 jadwal pendaftaran parpol peserta pemilu 2024. Menyerahkan surat pendaftaran dan dilengkapi dokumen persyaratan. Kategori yang digunakan akan memeriksa dokumennya sudah lengkap atau belum. Produknya adalah berita acara yang menyatakan dokumennya telah lengkap,’ ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari melalui siaran langsung di kanal Youtube KPU RI, Senin sore, 8 Agustus 2022.

Kegiatan pendaftaran ini didasarkan pada Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan putusan MK Nomor 55 Tahun 2020.

Dalam putusan MK putusan terkait pendaftaran, ada tiga kategori parpol peserta pemilu.

1. Parpol 2019 lolos parliamentary threshold atau dapat kursi DPR RI
2. Parpol 2019 tidak lolos parliamentary threshold
3. Partai baru

“Terhadap 3 kategori partai ini MK mengamanatkan perlakuan. Untuk yang lolos PT, mendaftar dan verifikasi administrasi tanpa verifikasi faktual. Untuk partai tidak lolos PT dan partai baru akan ada proses mendaftar, verifikasi administrasi, dan verifikasi faktual,” ujar Hasyim Asy’ari.

Usai pendaftaran, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua umum PKB Muhaimin Iskandar memberikan statemen politik.

Prabowo Subianto menyatakan bahwa pendaftaran parpol Gerindra ini menjadi penghargaan atas kerja keras KPU. Sebagai peserta pemilu sama semangatnya ingin jadi peserta pemilu yang baik dan patuh terhadap semua ketentuan.

“Proses ini adalah bagian dari demokrasi dari pelaksanaan kedaulatan rakyat. Bangsa kita telah memilih demokrasi dan kita sadar bahwa demokrasi itu berat, sulit, dan tidak serta merta berhasil. Berkali-kali ganti pemerintah dan pimpinan dengan damai baik tingkat daerah, provinsi, dan pusat. Kita ingin menghasilkan demokrasi yang baik dan diawali dengan itikad yang baik,” ujar Prabowo Subianto.

Prabowo juga menyatakan dalam demokrasi akan ada persaingan namun perlu bersaing dengan penuh semangat kompetisi, adu argumen adu gagasan.

“Semuanya adalah sahabat, kawan, sesama anak bangsa. Kita ingin pemilu yang gembira dan penuh kekeluargaan,” ujar Prabowo Subianto.

“Saya beserta Gerindra dan PKB tentu sama dengan mewujudkan pemilu dengan riang gembira,” ujar Muhaimin Iskandar.

Pendaftaran antara Gerindra dan PKB ini memunculkan sinyal koalisi dua partai tersebut.

“Saya kira sinyalnya sangat kuat,” ujar Prabowo menegaskan selalu optimis dan selalu gembira.

“Persamaan ini wujud menuju koalisi,” ujar Cak Imin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status