Clicky

Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso Jabat Pangdam VI Mulawaman

KLIKSAMARINDA – Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso menggantikan Mayjen TNI Heri Wiranto menjadi orang nomor 1 TNI AD di Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara. Setelah dilantik di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta, Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman yang baru, Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, tiba di Kota Balikpapan, Senin 8 November 2021 kemarin.

Pangdam VI/Mulawarman beserta istri disambut dengan tradisi pengalungan selendang dan pemberian bunga oleh Duta Wisata Manuntung Kota Balikpapan. Kapolda Kaltim mengucapkan selamat datang kepada Pangdam VI/Mulawarman beserta istri di Kalimantan Timur. Semoga kepepimpinan Pangdam yang baru sinergitas dan soliditas TNI Polri di Kaltim tetap terjaga dengan baik.

“Kita harus harmonis, kalau semua harmonis itu di bawah anggota akan lebih harmonis, lanjut menyatakan dalam menjaga keamanan wilayah Kalimantan Timur harus dibantu dengan pihak-pihak terkait khususnya anggota TNI,” ujar Kapolda.

Sehari kemudian, Pisah Sambut Pangdam VI Mulawaman dari Mayjen TNI Heri Wiranto kepada Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, berlangsung di Aula Markas Komando Daerah Militer VI Mulawarman Balikpapan, Selasa 9 November 2021.

Mayjen TNI Heri Wiranto segera bertugas ke Markas Besar TNI AD, di Jakarta. Selama menjabat, Mayjen TNI Heri Wiranto di antaranya sukses menggelar latihan tempur bersama TNI AD dengan tentara Angkatan Darat Amerika Serikat pada akhir Juli-awal Agustus lalu. Penyelenggaraan latihan itu melibatkan ribuan prajurit dan tim pendukung, termasuk para tenaga kesehatan dan digelar dalam protokol kesehatan yang ketat.

“Saya mohon maaf bila selama menjabat ada kesalahan,” ujar Mayjen TNI Heri Wiranto.

Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso pernah menjadi kepala staf Panglima Kodam VI/Mulawarman selama 13 bulan pada masa kepemimpinan Mayor Jenderal TNI Sonhadji. Penugasan Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso lalu menjadi komandan Pusat Persenjataan Infanteri Komando Pendidikan dan Latihan TNI AD dilanjutkan dengan menjadi Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Darat antara April 2020-Oktober 2021.

“Kami akan lanjutkan membantu upaya-upaya penanganan Covid-19 dengan lebih masif lagi.Termasuk juga pencegahan semua yang ilegal di perbatasan, dan antisipasi kerawanan gangguan keamanan dan bencana alam,” ujar Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso.

Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi menghadiri acara itu dan mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi kepada Mayjen TNI Heri Wiranto atas pengabdian dan kerjasama yang terjalin baik selama ini.

Menurut Wagub Hadi Mulyadi, dengan kekuatan dan kinerja yang tangguh telah membuktikan mampu menjaga seluruh wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara hingga tetap aman dan kondusif.

“Kerja sama yang telah dilakukan selama ini kiranya bisa terus ditingkatkan, bukan saja dalam menjaga keamanan, tetapi juga dalam membantu pembangunan pemerintah daerah dengan berbagai program lainnya,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

Hadi menambahkan Kalimantan Timur juga akan menjadi ibu kota negara (IKN) baru Republik Indonesia yang hingga kini terus dipersiapkan dan direalisasikan pembangunannya.

“Karena itu, tantangan menjaga keamanan dan kedaulatan negara di Kaltim, tidaklah mudah. Pemerintah Provinsi Kaltim mengapresiasi tinggi Kodam VI/Mulawarman yang selama ini turut mendukung pembangunan dan menjaga penanganan konflik masyarakat,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com