Clicky

Dua Dinas di Pemprov Kaltim Dipimpin Plt

KLIKSAMARINDA – Sejumlah pejabat di Pemprov Kaltim telah menjalani masa purnatugas atau pensiun. Beberapa di antaranya adalah para pejabat kepala dinas di sejumlah organisasi pemerintah daerah (OPD).

Antara lain, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kaltim, H. Elto, dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Fadilah Manteruna. Kini, jabatan kedua kepala dinas itu kosong dan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt).

Gubernur Kaltim, Isran Noor, telah menunjuk para Plt di kedua dinas tersebut. Antara lain, berdasarkan Surat Perintah Pelaksana Tugas Nomor: 821.2/111.3-6162 /TUUA/BKD/2021, Gubernur Isran Noor menunjuk Masitah SKM MQIH, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kaltim.

“Masitah selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim menjabat Pelaksana Tugas terhitung mulai 1 Desember 2021 hingga 28 Februari 2022,” ujar Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Provinsi Kaltim M Syafranuddin, Jumat 3 Desember 2021, mengutip surat Gubernur Kaltim.

Sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Masitah diberi kewenangan untuk melaksanakan tugas rutin dan tidak memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan/tindakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi dan kepegawaian.

Dalam hal sampai dengan waktu yang ditetapkan terlampaui dan belum diperoleh pejabat definitil, Pelaksana Tugas dapat diberikan perpanjangan paling banyak untuk satu kali penugasan dengan Surat Perintah Pelaksana Tugas Perpanjangan;

Diharapkan dalam melaksanakan tugasnya agar berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan senantiasa melaporkannya kepada Gubernur Kaltim melalui jenjang hierarki yang ada.

“Gubernur berharap Plt Kepala Dinas Kesehatan mampu melaksanakan perintah dengan seksama dan penuh tanggung jawab,” ujar Syafranuddin.

Gubernur Isran Noor pun telah menunjuk Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim, Taufik, sebagai Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim.

Penunjukan tertuang dalam Surat Perintah Pelaksana Tugas dari Gubernur Kaltim Nomor 821.2/III.3-5906/TUUA/BKD/2021 tanggal 1 November 2021. Kebijakan ini diambil Gubernur Isran Noor karena per 1 November 2021, pejabat sebelumnya H Elto telah memasuki masa purna tugas.

“Pak Taufik akan bertugas sebagai Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim terhitung mulai 1 November 2021 hingga 31 Januari 2022,” ujar Syafranuddin.

Syafranuddin menjelaskan, sebagai Plt, Taufik diberi kewenangan untuk melaksanakan tugas rutin. Namun demikian, Plt tidak diberi kewenangan untuk mengambil keputusan/tindakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek organisasi dan kepegawaian.

Dalam suratnya, Gubernur Isran Noor juga mengingatkan agar Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim dalam pelaksanaan tugasnya selalu berpedoman pada peraturan perundang-undangan dan senantiasa melaporkannya kepada Gubernur melalui jenjang hirarki yang ada. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com