Clicky

Netizen Kaltim Tulis Surat Terbuka dan Foto Jalan Berlumpur

KLIKSAMARINDA – Warganet di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim), melalui akun media sosial Facebook, mengunggah surat terbuka untuk pemerintah. Isi unggahan itu merupakan keluh kesahnya terhadap kondisi infrastruktur jalan yang belum layak untuk masyarakat.

Tak hanya keluh kesah, warganet bernama akun Abu Nawas berlokasi di Santan Ulu, Marangkayu, Kukar ini pun mengunggah 16 foto terkait kondisi infrastruktur jalan yang belum beraspal atau berbeton. Lokasinya, menurut sang pengunggah, berada di Kecamatan Marangkayu, Kukar.

Dalam foto unggahan Abu Nawas, tampak para pengguna jalan yang kesulitan melintasi jalan becek dan berlumpur itu. Mereka adalah para pelajar dan para petani yang melintasi jalan tersebut.

Unggahan itu tercatat terbit pada Selasa, 7 Desember 2021. Tujuan surat terbuka itu adalah Bupati Kutai Kartanegara dan petinggi pemerintahan lainnya di Kukar.

Reaksi pun datang dari ribuan tetangganet lainnya. Tak kurang dari dua ribu komentar mendarat pada unggahan tersebut hingga Rabu, 8 Desember 2021.

Berikut Surat Terbuka Abu Nawas untuk pemerintah itu.

Santan Ulu, tanggal 07-12-2021
SURAT TERBUKA
Kepada Yth,
Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara,
DPRD, dan Dinas PU

di-
Tempat
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam hormat kami sampaikan, semoga Bapak Bupati senantiasa dalam lindungan Allah dan selalu diberi kekuatan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab yang di amanahkan rakyat. Aamiin.

Bapak Bupati yang terhormat,..!
Semoga tulisan ini tidak menjadikan Bapak dan jajaran Bapak merasa risih dan terganggu. Karena apa yang akan kami sampaikan hanya bentuk kegelisahan dan rasa peduli kami melihat kenyataan miris terkait jalan rusak di daerah kami.

Melalui akun Facebook ini kami ingin sampaikan perkembangan terkini dalam sejarah pembangunan infrastruktur jalan yang ada di Kutai Kartanegara khususnya Desa Santan ulu, Kecamatan Marangkayu berharap dengan ini Bapak akan tergugah terhadap aspirasi kami.

Bapak Bupati yang terhormat,..!
Perlu Bapak ketahui bahwa ruas jalan ini menghubungkan beberapa desa yang ada di Kecamatan Marangkayu, Santan Tengah, Santan Ilir, dan Kersik dan termasuk ibu kota kecamatan. Hanya saja jalan yang ini butuh tindak lanjut secara sigap dan sifatnya sangat mendesak karena kalau tidak, aktivitas masyarakat yang mayoritas petani dan anak sekolah sangat kesulitan untuk menjalankan kegiatan rutinitasnya dan perekonomian masyarakat terancam lumpuh.

Bapak Bupati yang terhormat
Dalam gambar kita bisa saksikan bersama bagaimana para guru dan anak sekolah yang masih duduk di bangku SD dan para petani harus berjuang setiap hari melewati jalan tersebut. Walaupun sesekali harus mandi lumpur, dengan kondisi demikian para guru tetap bersemangat sebagai bentuk peduli dan dukungan kepada program pemerintah di dunia pendidikan agar anak anak tetap bersekolah, dan masyarakat yang mayoritas petani pun tetap bersemangat berjuang agar bisa menafkahi keluarga kecil mereka. Namun yang menjadi pertanyaan sampai kapan mereka dapat bertahan dalam situasi sulit saat ini. Kami tidak meminta apa-apa. Cukup perbaiki jalan kami.

Dengan tulisan ini adalah bentuk menunjukkan upaya kami mengetuk hati Bapak dan pihak-pihak terkait untuk segera mungkin mencarikan solusi serta mengatasi masalah jalur transportasi tersebut. Jalan ini rusak karena terlalu lama tidak tersentuh perbaikan.

Kami berharap keluhan dan harapan ini tidak direspon sinis, karena kami ini hanya menyambungkan harapan orang banyak supaya terdengar oleh Bapak. Atau kiranya Bapak sudah mengetahui berharap dengan segala kerendahan hati kami, Bapak akan terketuk untuk segera menangani masalah tersebut.

Demikian yang dapat disampaikan mohon maaf atas segala kekurangan. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat kami,
Abu Nawas

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com