Kiprah Atlet Sepakbola Usia Dini Samarinda di Nasional, Perlu Pembinaan – klik samarinda
Sport

Kiprah Atlet Sepakbola Usia Dini Samarinda di Nasional, Perlu Pembinaan

Pembinaan atlet sepakbola junior, khususnya usia dini, sangat penting untuk regenerasi para seniornya. Karena itu, atlet muda ini harus mendapatkan pelatihan berjenjang hingga siap saat dibutuhkan.

Menyikapi potensi itu, Walikota Samarinda, Syaharie Jaang, mendukung pembinaan atlet junior, khususnya sepakbola.

“Jelas saya sangat mendukung dan berharap pesepakbola usia dini Kota Samarinda dapat terus berkembang serta meningkatkan mental, fisik, keterampilan, dan profesionalisme sehingga saat dibutuhkan selalu siap,” kata Walikota Samarinda, Syaharie Jaang, saat menerima Perwakilan Sekolah Sepakbola Bola Samarinda Kota (Samkot) U-10, Minggu sore, 7 April 2019.

Seperti U-10 Samkot yang akan mengikuti kejuaraan DREAMS COME TRUE ROAD TO CHINA di kota Bandung, 24-29 April 2019, keberadaan sepakbola usia dini ini jelas sangat bagus dan harus dipertahankan serta ditingkatkan.

Menurut Jaang, langkah Sekolah Sepakbola Samkot untuk melatih mental para atlet junior pada kejuaraan ini sangat baik. Pemerintah pun sangat mendukung. Ada pergeseran orientasi bahwa kemenangan bukan segalanya. Namun ke depan memang perlu ada target pembinaan.

Anak usia dini yang ada di Sekolah Sepakbola Samkot yang akan bertanding merupakan bibit unggul atlet sepakbola khususnya di Kota Samarinda. Tim sepak bola Kota Samarinda yang mewakili Kaltim dikejuaraan tingkat nasional atau bahkan bisa lolos hingga ke Cina.

Pelatih Mohamad Misdianto S.Pd, mengaku bersyukur atas perhatian Pemerintah Kota Samarinda terhadap perkembangan sepakbola usia dini.

“Ini bukti pemerintah kota sangatlah peka dan mendukung dalam memajukan kota Samarinda. Salah satunya dalam kegiatan olahraga. Semoga setelah ini akan ada event liga untuk usia berjenjang karena di usia dini perlu ada liga untuk mengasah mental dan jam terbang,” kata Anto, sapaannya.

Mengenai prestasi yang berhasil ditorehkan timnya, Anto mengatakan bahwa timnya berangkat ke Bandung setelah lolos penjaringan di tingkat provinsi yang dilaksanakan di Kota Bontang pada tanggal 30-31 Maret 2019 lalu.

Tim Samkot menjadi juara Group B dari 18 tim yang mengikuti babak penyisihan. Di perempat final, tim Samkot mengalahkan SSB Kutim dan pada Semi Final mengalahkan SSB Nahusam asal Samarinda.

Setelah pada final tim Samkot mengalahkan SSB Pelangi A asal kota Bontang, tim ini akan mewakili Kaltim untuk berlaga di Bandung Jawa Barat 24-29 April mendatang.

Tim Samkot diperkuat para pemain, antara lain: Jaki (Captain), Riski Putra, Roffi, Rangga, Rezky Ramadhan, Alfi, Reza, Baraq, Fadil. (Jie)