RSJD AHM Samarinda Raih Penghargaan Serapan Anggaran | KLIK SAMARINDA
Provinsi Kaltim

RSJD AHM Samarinda Raih Penghargaan Serapan Anggaran

KLIKSAMARINDA – RSJD Atma Husada Mahakam menerima piagam penghargaan sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) “Presentase Tertinggi Kedua Penyerapan Anggaran Per 31 Oktober Tahun 2020” dalam kegiatan Rapat Pimpinan Evaluasi Percepatan Penyerapan Anggaran (TEPRA) di Ruang Rapat Heart of Borneo, Kantor Gubernur Kaltim, Kamis 5 November 2020. Penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor yang diterima oleh Plt. Direktur RSJD Atma Husada Mahakam, dr. H. Jaya Mualimin.

Sementara itu, RSUD Abdul Wahab Syahranie (AWS) Samarinda mejadi OPD peringkat pertama yang penyerapan anggarannya tertinggi per 31 Oktober 2020 dan Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A Kaltim sebagai peringkat ketiga.

Penyerahan disaksikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim HM Sa’bani, Asisten Administrasi Umum HS Fathul Halim, Kepala BPKAD Sa’aduddin, Karo Adbang Fadjar Djojoadikusumo, Plt Inspektorat Wilayah, Muhammad Kurniawan serta seluruh OPD di lingkup Pemprov Kaltim secara virtual.

Gubernur Isran Noor mengapresiasi capaian OPD dan meminta agar program-program yang dilaksanakan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kaltim.

“Setiap OPD selalu saya ditekankan untuk memaksimalkan program yang berimbas pada serapan anggaran. Walaupun masih ada OPD yang belum maksimal baik dana APBN maupun APBD. Karena itu harus dilakukan evaluasi agar kedepan tidak terjadi lagi,” ujar Gubernur Isran Noor.

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Provinsi Kaltim, HM Aswin sebagai Ketua TEPRA Kaltim memaparkan perkembangan realisasi anggaran per 31 Oktober 2020. Posisi TEPRA Kaltim berada pada urutan ke delapan nasional. Menurut HM Aswin, sebagian besar berada di atas rata-rata nasional.

Point of View:  Hasil Seleksi Administrasi JPTP Pemprov Kaltim, Jabatan Kadispora Tak Ada Peminat

Tingkat penyerapan anggaran OPD per 31 Oktober 2020 untuk 61,01 persen sampai 100 persen sudah dilaksanakan 14 OPD. Keempat belas OPD tersebut antara lain Rumah Saki Umum Daerah (RSUD) AW Syahranie Samarinda, Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam (AHM) Samarinda, DKP3A, Dinas Perhubungan (Dishub), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Biro PPOD, Dinas Perkebunan (Disbun), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Peternakan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan), Bakesbangpol, DKP, DPMPD, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Kemudian serapan 56,10 persen-61 persen ada 13 OPD. Serapan 51, 01 persen-61 persen ada 8 OPD. Aswin menyebutkan, masih ada 11 OPD yang penyerapan anggaran masih di bahwah 0-51 persen.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kaltim, Isran Noor juga melaunching aplikasi TEPRA Secepat Mobil (Sistem Informasi Cepat Untuk Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Berbasis Mobile APP (Smarphone). Aplikasi ini sebuah terobosan dan inovasi yang dilakukan Pemprov Kaltim dalam upaya mewujudkan percepatan realisasi anggaran di Benua Etam. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status