News

Banjir di Rapak Dalam Samarinda Seberang, Ribuan Warga Terdampak

KLIKSAMARINDA – Hujan lebat yang melanda wilayah Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim, sejak Kamis sore hingga Kamis malam, 20 Juli 2023 mengakibatkan banjir di Kelurahan Rapak Dalam, Samarinda Seberang.

Banjir terjadi hingga Jumat siang 21 Juli 2023 ini merendam 20 RT di Kelurahan Rapak Dalam.
Dari data BPBD Kota Samarinda, banjir mengakibatkan 1200 KK terdiri dari 3.600 jiwa terdampak. Banjir juga merendam fasilitas umum yaitu SMAN 4 Samarinda serta 1000 rumah.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Samarinda, Suwarso pihaknya mendapat informasi dari warga bahwa air tetap bertahan dan tidak ada penurunan.

“Kalau tidak ada hujan lagi dan air tidak pasang kemungkinan akan turun. Hasil Assesment terjadi pedangkalan dan penyempitan pada sungai daerah tersebut. Penanganan, saya dapat informasi dari Pak Camat dan Pak lurah akan ada Normalisasi dari PUPR Provinsi dan Kota di pinggir drainase jalan besar. Untuk sungainya saat ini tidak bisa dilakukan dikarenakan dekat dengan rumah warga,” ujar Suwarso, melalui keterangan tertulis, Jumat 21 Juli 2023.

Aparat TNI, Polri dan jajaran Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda langsung melaksanakan peninjauan banjir.

Tak hanya itu, aparat juga berkoordinasi dengan instansi terkait agar menyiapkan pendirian posko banjir dan menyediakan tempat pengungsian bila debit air tidak menurun.

Anggota Koramil 03/Smd Seberang beserta instansi terkait tetap disiagakan dan rutin melaksanakan patroli untuk memantau perkembangan terkini.

Aparat mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan segera mengamankan keluarga serta harta benda ketika sewaktu-waktu banjir bertambah tinggi.

Aparat juga berupaya berkoordinasi dengan pihak BPBD, BWS Wilayah IV, kelurahan setempat dan Babinsa & Bhabinkamtibmas untuk melakukan pemantauan dan Menginformasikan situasi melalui Media Sosial dan Radio Komunikasi dari Kawasan Hulu Sungai ke Hilir serta berkoordinasi dengan satuan relawan terdekat dengan Zona Banjir agar menyiagakan Team EMT dan SAR maupun SAR Animal

Pada Jumat malam 21 Juli 2023, aparat gabungan mendirikan tenda dapur umum di Jalan Rukun RT 14 dari Dinas Sosial, Tagana dan akan meminta bantuan dari Den Bekang Samarinda.

Komandan Kodim 0901/Samarinda Kolonel Czi Eko Supri Setiawan, didampingi Kepala Staf Kodim 0901/Smd Letkol B.T Napitupulu, para Pasi Kodim 0901/Smd, Dinas BPBD Kota Samarinda dan TAGANA Kota Samarinda meninjau lokasi bencana banjir, Jumat malam 21 Juli 2023.

Aparat gabungan juga mendirikan Posko Bantuan di Jalan Rukun Kelurahan Rapak Dalam Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda.

Menurut Kolonel Czi Eko Supri Setiawan, pihaknya mendapat laporan dari Danramil 03/Smd Seberang Mayor Inf Sujadi bahwa di wilayah Binaan Koramil 03 ada kelurahan yang terkena musibah banjir, yaitu kelurahan Rapak Dalam.

Setelah menerima laporan tersebut Kolonel Czi Eko Supri Setiawan menuju Kelurahan Rapak Dalam untuk melihat situasi secara langsung dan segera berkordinasi dengan dinas terkait tentang penanganan dan langkah langkah yang akan dilaksanakan.

“Hingga saat ini (Jumat malam) masih terendam banjir dengan ketinggian bervariasi dari 30 Cm hingga 40 Cm. Sebagai pendahuluan kami sudah mengirimkan 1 tim personel untuk membantu mendirikan Posko Bencana dan Dapur Umum yang dapat digunakan untuk membantu saudara saudara kita yang tertimpa musibah banjir ini. Kami akan terus memantau perkembangan dan kondisi debit air. Sementara ini debit air sudah berangsur turun, kita juga tetap waspada apabila ada hujan susulan yang dapat menambah debit air kembali naik,” ujar Kolonel Czi Eko Supri Setiawan, melalui keterangan tertulisnya.

Kolonel Czi Eko Supri Setiawan menatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan wujud kepedulian TNI terhadap sesama dan khususnya terhadap Masyarakat Kelurahan Rapak Dalam yang saat ini mengalami musibah banjir.

“Kita semua berharap musibah ini segera berlalu dan warga dapat melaksanakan kegiatan sehari hari seperti biasanya,” ujar Kolonel Czi Eko Supri Setiawan.

Penyaluran bantuan

Paa Sabtu pagi, 22 Juli 2023, aparat TNI juga terus mendampingi dan membantu warga terdampak banjir di Samarinda Seberang.

banjir di Rapak Dalam Samarinda
Penyerahan bantuan langsung dihadiri Dandim 0901/Smd Kolonel Czi Eko Supri Setiawan, bersama Wali Kota Samarinda, Andi Harun, Sabtu 22 Juli 2023 di Posko Bantuan Banjir di Kelurahan Rapak Dalam.

Antara lain, Kodim 0901/Samarinda bersama Denbekang Samarinda dan TAGANA Kota Samarinda menyiapkan makanan siap saji berupa ratusan nasi bungkus dan mendistribusikannya kepada Warga yang menjadi korban banjir di Kelurahan Rapak Dalam Kecamatan Loa Janan Ilir Kota Samarinda.

Penyerahan bantuan langsung dihadiri Dandim 0901/Smd Kolonel Czi Eko Supri Setiawan, bersama Wali Kota Samarinda, Andi Harun.

Didampingi sejumlah pejabat lainnya, Kolonel Czi Eko Supri Setiawan, bersama Wali Kota Samarinda, Andi Harun meninjau lokasi banjir untuk melihat langsung kondisi di lapangan pasca bencana banjir di Kelurahan Rapak Dalam serta untuk memastikan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

Kolonel Czi Eko Supri Setiawan, juga menyampaikan sejak Jumat sore, anggota Kodim 0901/Smd bersama Denbekang Samarinda dan TAGANA Kota samarinda sudah mendirikan Posko Bantuan dan Dapur Umum.

Menurut Kolonel Czi Eko Supri Setiawan, pendirian posko dan dapur umum itu untuk membantu memenuhi kebutuhan makan para korban banjir yang rumahnya masih terendam dan tidak dapat memasak dan beraktivitas di rumah.

“Siang ini kita distribusikan nasi bungkus kepada warga yang terdampak banjir. Semoga sedikit membantu kesulitan saudara kita yang sedang tertimpa musibah,” ujar Kolonel Czi Eko Supri Setiawan.

Sementara itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun, mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0901/Samarinda dan seluruh instansi terkait yang telah bersinergi membantu Pemerintah Kota Samarinda dalam penanggulangan bencana Banjir ini.

Menurut Wali Kota Andi Harun, ke depannya Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan mengevaluasi dan memberikan solusi supaya banjir ini tidak terulang kembali.

“Kami berharap seluruh instansi di wilayah kota Samarinda agar terus bersinergi dalam membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana di Kota Samarinda.” ujar Wali Kota Andi Harun.

Penanganan banjir sejak Jumat 21 Juli 2023 juga mendapat bantuan dari Tim Kedaruratan dan Logistik dari (BPBD) Provinsi Kaltim dan BPBD Kota Samarinda.

Tim Kedaruratan telah dikerahkan untuk mengevakuasi warga terdampak banjir di daerah Mangkupalas, Gang Rukun, Kelurahan Rapak Dalam, Kecamatan Loa Janan Ilir. Banjir yang terjadi akibat hujan deras selama beberapa hari telah menyebabkan kondisi darurat di wilayah tersebut.

Tim Kedaruratan dan Logistik BPBD bergerak cepat dan tanggap dalam menghadapi situasi tersebut, untuk melakukan koordinasi dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir. Tim ini terdiri dari petugas darurat yang terlatih dan relawan yang siap membantu evakuasi dan penanganan bencana.

Selain itu, tim juga menyediakan bantuan logistik seperti bahan makan, pangan dan perlengkapan lainnya bagi para warga.

Tim bekerja sama dengan BPBD Kota Samarinda, relawan, TNI dan kepolisian untuk memberikan bantuan kepada para korban banjir.

Selain terjadi di Kelurahan Rapak Dalam, banjir juga melanda Jalan Gotong Royong RT 16, RT 29, dan RT 30 di Kelurahan Handil Bakti Kecamatan Palaran Samarinda. (*)

Back to top button
DMCA.com Protection Status