Clicky

Kapal Pengangkut Batubara Tenggelam di Perairan Sepatin Kukar, 3 Orang Hilang

KLIKSAMARINDA – Sebuah kapal motor (KM) pengangkut batubara bernama lambung KM. Bunga Lestari 09 tenggelam di perairan Tanjung Pemerung, Desa Sepatin Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Peristiwa itu terjadi Selasa dinihari, 7 Desember 2021.

Dari peristiwa itu, dilaporkan 3 dari lima orang yang berada di atas kapal, hilang. Antara lain, Sanggu (30) juragan kapal KM Bunga Lestari 09.

Dua korban hilang lainnya adalah Akbar (30) dan Wawan (29). Keduanya adalah anak buah kapal (ABK) KM Bunga Lestari 09.

Basarnas Kaltim menerima laporan tersebut Selasa malam, pukul 20.15 WITA. Dari data yang diperoleh Basarnas Balikpapan, ketiga korban merupakan warga Mangkupalas, RT 02, Kecamatan Samarinda Seberang Kota Samarinda.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan, Melkianus Kotta menerangkan, kejadian tenggelamnya KM Bunga Lestari 09 tersebut akibat hantaman gelombang air laut.

Gelombang air laut tersebut masuk ke depan kapal sehingga menyebabkan KM Bunga Lestari 09 hilang kendali dan kapal tenggelam di perairan laut.

Kantor Basarnas memberangkatkan Unit SAR Samarinda ke lokasi Selasa malam itu.

“Kapal berisi lima orang anak buah kapal beserta juragannya. Saat kejadian, kapal ini mengangkut batu bara dengan berat 30 ton. Kapal tenggelam saat hendak kembali ke muara karena diterjang gelombang besar,” ujar Melkianus Kotta, Rabu, 08 Desember 2021.

Korban selamat dari peristiwa itu, yaitu Darmansyah (26), Alam (30), dan Anshar (21) ditemukan oleh nelayan sekitar pukul 09.00 WITA, kemarin.

Pencarian berlanjut Rabu pagi 8 Desember 2021. Tim SAR Gabungan dari Basarnas Samarinda, Ditpolairud Polda Kaltim dan kapal yang bertugas di Samarinda – Kukar melaksanakan SAR pencarian 3 orang korban tenggelam di Perairan Hari kedua pencarian. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com