Kebakaran Hanguskan Tiga Bangunan di Jalan Dr. Soetomo Samarinda

kebakaran rumah

Kebakaran rumah warga di Jalan Dr. Soetomo, Gang 11, RT 41, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu. (Foto: Damkar Samarinda)

KLIKSAMARINDA – Musibah kebakaran kembali melanda pemukiman warga di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Kali ini kebakaran terjadi di pemukiman warga Jalan Dr. Soetomo Samarinda, Rabu pagi 20 Juli 2022.

Dalam laporan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Samarinda, dinyatakan kebakaran terjadi di Gang 11, RT 41, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu.

Kebakaran rumah tersebut terjadi sekitar pukul 06.00 WITA. Petugas pemadam dan relawan serta warga sekitar mampu memadamkan api 1 jam kemudian sekitar pukul 07.00 WITA.

“Total 3 bangunan dengan rincian 1 ruko dan 2 rumah berlantai 2 dengan luas area terbakar 20 x 50 meter,” demikian keterangan tertulis dari DPKP Samarinda, Rabu siang.

Dugaan sementara, api berasal dari rumah kosong lantai 2 milik H. Awing (60) pemilik rumah yang terbakar.

Dugaan sementara sumber api muncul dari satu rumah bertingkat yang dalam keadaan kosong tanpa penghuni dan tanpa aliran listrik.

Menurut Babinsa Koramil 0901-01/Smd Ulu, Serma Priono, kebakaran 3 bangunan yang terdiri dan 2 rumah dan 1 ruko diduga karena arus pendek listrik.

Dugaan adanya arus pendek yang mengakibatkan rumah warga terbakar,” ujar Serma Priono.

Babinsa 0901-01/Smd Ulu bersama anggota Polsek Samarinda Ulu, Damkar Kota Samarinda, Balakar, Relawan dan masyarakat setempat melakukan upaya pemadaman rumah yang terdampak musibah kebakaran.

“Kami juga memberikan himbauan kepada warga agar lebih teliti lagi terhadap listrik khususnya bila akan ditinggalkan pastikan dalam keadaan aman,” ujar Serma Priono.

Hingga Rabu siang, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan kepolisian.

Sehari sebelumnya, pada Selasa 19 Juli 2022, kebakaran juga terjadi di Sambutan. Kebakaran terjadi sekitar pukul 16.35 WITA dan menghanguskan sebuah rumah warga di Jalan Penangkaran Buaya RT 26 Kelurahan Makroman, Kecamatan Sambutan

“Area terbakar total 2 bangunan masing-masing 2 rumah tunggal,” demikian keterangan DPKP Samarinda. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status