Kebakaran Pabrik Makanan Ringan di PM Noor Samarinda, Sempat 3 Kali Ledakan

KLIKSAMARINDAInsiden kekabaran melanda sebuah gudang pembuatan produksi makanan ringan di Jalan PM Noor Rapak Binuang 3, RT 26, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara.

Kebakaran terjadi Rabu 23 Februari 2022 sekitar pukul 14.15 WITA.

Seorang saksi, Fika (30) mengatakan, asap mengepul dari gudang pembuatan makanan ringan itu. Saat itu dirinya bersama dengan keluargan sedang berkebun tepat di belakang gudang.

“Saya lihat asap, pas saya dekatin asap terus ada api keluar dari sela-sela atap gudang. Terus ada suara ledakan tiga kali “duar duar duar”,” ujar Fika, Rabu 23 Februari 2022.

Fika pun mengaku panik. Fika juga khawatir ada korban jiwa di dalam gudang.

Fika lalu menyiarkan peristiwa itu live di media sosial (medsos) Facebook pribadinya.

“Saya siaran langsung, dan minta tolong ke warga untuk dishare, untuk dipanggilkan petugas pemadam. Ya untung saat itu ada warga sekitar,” ujar Fika.

Petugas Pemadam Kebakaran tak lama kemudian datang untuk melakukan upaya pemadaman. Tak terkecuali para relawan pemadam pun turut membantu memadamkan api di lokasi kejadian.

Seorang karyawa gudang bernama Eva (24) mengatakan saat itu dirinya bersama dengan karyawan lainnya sedang bekerja. Mereka sedang menggoreng makanan ringan sebelum mengemasnya.

Namun tiba-tiba api merambat ke atas wajan. Para pegawai sempat berupaya memadamkan api dengan cara menutupnya menggunakan kain basah.

Tetapi api tak juga padam. Bahkan api semakin membesar. Para pegawai di pabrik makanan ringan itu pun lalu berlarian ke luar gudang.

“Posisinya lagi menggoreng, mungkin karena kepanasan, apinya naik ke wajan. Saya sama teman berusaha mematikan denga menutup dengan kain basah. Tetapi ternyata api ya membesar. Makanya kami langsung lari,” singkatnya.

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Disdamkar Kota Samarinda, Teguh Setyawardhana mengatakan pihaknya mendapatkan laporan sekitar pukul 14.25 WITA dari posko II.

Dari laporan itu dinyatakan bahwa terjadi kebarakan di gudang produksi makanan ringan, di Jalan PM Noor Rapak Binuang 3.

“Petugas dan relawan terdekat langsung meluncur dan beruntung api tidak sampai menbakar seluruh bangunan,” ujar Teguh Setyawardhana saat ditemui usai pemadaman di lokasi kejadian.

Menurut Teguh Setyawardhana, dugaan sementara sumber penyebab kebakaran adalah api penggorengan.

“Kalau dugaannya, dari informasi yang kami terima itu asal api dari penggorengan, posisinya lagi ada kegiatan,” ujar Teguh Setyawardhana.

Saat ini, peristiwa kebakaran di pabrik makanan ringan tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian Polsek Sungai Pinang.

“Untuk yang terbakar penggorengan, serta bagian atap. Api bisa dipadamkan sekitar 20 menit kemudian,” ujar Teguh Setyawardhana. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status