Clicky

Selasa, 19 Januari 2021

Tumpeng HUT Kaltim dari Isran Untuk Awang Faroek Ishak

Foto-Ist

KLIKSAMARINDA – Gubernur Kalimantan Timur Iran Noor memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-64 Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 di Halaman Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Sabtu 9 Januari 2021. Upacara HUT Kaltim yang ke-64 Tahun ini juga digelar secara virtual zoom dan disiarkan melalui kanal Youtube Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim.

Upacara berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dihadiri Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi dan jajaran Forkopimda Kaltim. Peringatan tahun ini diadakan dengan nuansa berbeda dan sederhana, yang biasanya dilaksanakan secara meriah dengan menggelar berbagai kegiatan tahun ini ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Tampak Gubernur Kaltim periode 2009 – 2018 Dr H Awang Faroek Ishak, mantan Wagub H Farid Wadjdy, mantan Pj Sekda Kaltim, Dr Hj Meiliana. Dengan Menggunakan pakaian adat khas Kutai berwarna hitam berbalut motif batik keemasan Gubernur Kaltim H. Isran Noor memimpin langsung Upacara tersebut. Gubernur Isran Noor menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang ikut berperan membangun daerah demi kemajuan Kalimantan Timur.

Begitu juga dengan Wakil Gubernur H. Hadi Mulyadi dan para pejabat Daerah kaltim ikut menggenakan pakain adat khas kaltim. Peserta upara diikuti terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP Kaltim dan sebagai komandan upacara kompol M. Aldy H.

“Dirgahayu Kalimantan Timur, Ruhui Rahayu Benua Etam,” ujar Gubernur Isran Noor.

Orang nomor satu Benua Etam ini mengajak seluruh jajaran pemerintah di Provinsi Kalimantan Timur untuk terus beraktivitas guna memulihkan perekonomian daerah demi kesejahteraan rakyat.

“Mari kita terus berkarya, walaupun masih pandemi Covid-19. Semoga kita semua tetap sehat wal afiat,” ujar Gubernur Isran Noor.

Upacara dirangkai penyerahan penghargaan panji-panji keberhasilan pembangunan bagi kabupaten dan kota oleh Gubernur Isran Noor dan trofi oleh Wagub Hadi Mulyadi kepada Bupati dan Walikota se Kaltim secara simbolis.

Penghargaan juga diberikan kepada Camat Berprestasi, Pencipta Lagu dan Pelopor Transaksi Pemerintahan Daerah Pertama di Pemerintah Provinsi Kaltim dengan PT BPD Kaltim Kaltara.

Tahun ini, penerima panji keberhasilan pembangunan terbanyak diraih Kota Balikpapan 17 panji, Berau 11 panji, Kutai Kartanegara 8 panji, Bontang dan Samarinda 6 panji, Penajam Paser Utara dan Kutai Timur 2 panji, sementara Kabupaten Paser, Mahakam Ulu dan Kutai Barat masing-masing 1 panji.

Tampak Sekreatris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa’bani, Ketua/Wakil TP PKK Kaltim, Hj Norbaoti Isran Noor dan Erni Makmur Hadi Mulyadi, Ketua DWP Kaltim Hj Lisa Febriani Sa’bani, para asisten, kepala biro dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim, serta pimpinan instansi vertikal/kementerian/lembaga di Kaltim.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo, menyebut pada usia Kaltim yang telah menginjak 64 tahun, terlihat kemajuan yang sangat pesat di berbagai bidang. Hal ini merupakan prestasi besar di bawah kepemimpinan Isran Noor dan Hadi Mulyadi.

“Di bawah kepemimpinan Gubernur Isran dan Wagub Hadi, Kaltim banyak melakukan perubahan dan perkembangan pesat. Ini merupakan wujud dari langkah-langkah nyata dari Pemprov Kaltim yang ingin mewujudkan masyarakatnya menjadi mandiri, berdaya saing dan sejahtera,” ujar Sigit Wibowo.

Ke depan, besar harapan Kalimantan Timur menjadi pusat pertumbuhan ekonomi nasional. Karena itu dirinya berharap agar bersama-sama mendukung program pembangunan pemerintah dengan memberikan pengabdian terbaik bagi Benua Etam sesuai dengan latar belakang profesi masing-masing.

Upacara Hari Ulang Tahun ke 64 Provinsi Kalimantan Timur mewarnai dengan tampilan musik tingkilan. Alunan petikan musik tinggilan yang dibawakan sanggar seni Bina Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) Samarinda tampil memukau dengan membawakan lagu-lagu khas kutai. Para tamu undangan yang hadir diperingatan HUT Provinsi Kalimantan Timur pun ikut terbawa irama musik tingkilan.

Usai melaksanakan upacara, Gubernur Isran Noor berkesempatan bersilaturahmi bersama Awang Faroek Ishak dan Farid Wadjdy. Didampingi Wagub Hadi Mulyadi, Isran Noor menyerahkan sepiring tumpeng kepada pemimpin Kaltim periode sebelumnya tersebut.

”Kaltim sekarang semakin maju dan berkembang. Adapun hasil pembangunan yang telah tersedia diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik. Sementara program pembangunan infrastruktur strategis dapat dilanjutkan. Mulai, pelabuhan, jalan tol, airport dan pembangunan pertanian serta perkebunan berkelanjutan bisa dilaksanakan. Apalagi, Kaltim memiliki Kawasan Industri MBTK di Sangatta diharapkan bisa dimanfaatkan dan dilanjutkan pengembangannya. Saya ucapkan Selamat HUT ke 64 Provinsi Kaltim semoga semakin sejahtera,” ujar Awang Faroek Ishak yang saat ini menjadi anggota DPR RI.

”Sebagai warga masyarakat Kaltim dan pernah diberikan amanah ikut serta dalam memimpin pemerintahan, tentu kami sangat berharap dalam usia yang semakin dewasa, Kaltim menjadi sebuah provinsi yang sejajar dengan provinsi maju lainya. Di usia 64 tahun, baik pemerintah, DPRD, stakeholdres dan seluruh lapisan masyarakat dapat bekerja sama, bahu membahu untuk mencapai suatu tujuan yakni mensejahterakan masyarakat Kaltim,” demikian pernyataan Farid Wadjdy yang saat ini menjabat Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Kaltim. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Content is protected !!