Andi Harun Luncurkan Motif Baru Batik Samarinda, Penghargaan Untuk Sungai Mahakam

KLIKSAMARINDA – Gelaran Samarinda Festival 2022 diwarnai peluncuran motif batik baru sarung Samarinda. Dalam pembukaan Samarinda Festival 2022, Jumat malam 25 Maret 2022, Wali Kota Samarinda, Andi Harun meluncurkan motif terbaru itu.

Sarung Samarinda telah menjadi identitas Kota Tepian. Publik mengenal sarung Samarinda sebagai cenderamata khas Samarinda.

Dulunya, sarung Samarinda hanya mempunyai beberapa motif. Saat ini, motif Sarung Samarinda bertambah lagi.

Pada acara pembukaan Samarinda Festival di lapangan GOR Segiri Wali Kota Andi Harun mengatakan motif baru sarung Samarinda tersebut merupakan penghargaan terhadap Sungai Mahakam.

“Akan dilaunching “Batik Samarinda”. Ini akan menjadi identitas baru Kota Samarinda. Batik Samarinda yang baru terbagi menjadi 4 jenis motif bertemakan Sungai Mahakam,” ujar Wali Kota Andi Harun, Jumat malam di GOR Segiri Samarinda.

Wali Kota Andi Harun memberikan gambaran bahwa Kehidupan yang terkandung di sekitar wilayah sungai diceritakan ulang melalui garis, bentuk, dan simbol motif baru tersebut.

Penggambaran ini ini merupakan stilasi dari bentuk-bentuk asli seperti pohon pakis, ikan pesut, dan aliran sungai yang menjadi sumber kehidupan dan peradaban masyarakat.

Menurut Wali Kota Andi Harun, motif gambar-gambar pada sarung Samarinda tersebut mewakili organisme kehidupan yang ada di sekitar Sungai Mahakam

Antara lain diwakili ikon ikan pesut (Orcaella brevirostis) yang terancam punah. Ikonografi motif pakis diturunkan dari motif Suku Dayak sebagai penjaga kearifan budaya Sungai Mahakam.

Motif sarung Samarinda yang digunakan sebagai latar, merupakan simbol ciri khas dan pemersatu masyarakat yang bermukim di Samarinda.

“Diangkatnya tema sungai ini merupakan penghormatan kepada Sungai Mahakam, dan kehidupan di dalamnya,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun menegaskan bahwa batik Samarinda merupakan karya yang berharga. Nilainya sama dengan lukisan indah yang digantungkan di ruang utama untuk dikagumi dan dibanggakan. (Pia-01/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status