HUT Kota Samarinda, Apresiasi dari Sekdaprov Kaltim

KLIKSAMARINDA – HUT ke 354 Kota Samarinda dan Hari Jadi ke-62 Pemkot Samarinda menjadi momentum bagi warga Samarinda untuk tetap bersatu dalam mewujudkan pengembangan dan pembangunan Kota Peradaban.

Dalam peringatan HUT Kota Samarinda yang ditandai dengan acara puncak Upacara Puncak HUT ke 354 Kota Samarinda dan Hari Jadi ke 62 Pemkot Samarinda, di Halaman Parkir Stadion Segiri Samarinda, Jumat 21 Januari 2022, hadir Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim, HM Sa’bani.

Menurut HM Sa’bani, Pemprov Kaltim memberikan apresiasi atas kemajuan yang diraih Kota Samarinda selama kepemimpinan Andi Harun dan Rusmadi.

“Samarinda terus berbenah,” ujar HM Sa’bani usai upacara.

HM Sa’bani menambahkan, kemajuan Samarinda semakin terlihat perkembangannya. Budaya hidup bersih, kerapian dan penataan kota mulai terbangun.

Menurut HM Sa’bani, pencapaian itu tidak terlepas dari kerja sama yang kuat dilakukan seluruh masyarakat dengan pemerintah. Artinya, warga wajib bersatu membangun Kota Samarinda.

“Jadi, tanpa warga yang bersatu Kota Samarinda tidak akan maju. Sesuai slogan atau taglinenya Berani Berubah mewujudkan visi dan misi Wali Kota menuju Kota Peradaban,” ujar HM Sa’bani.

HM Sa’bani juga mengingatkan, upaya menuju perubahan itu wajib berbenah. Berbenah mulai dari sadar dan tertib berlalulintas, kebersihan lingkungan, dan kesadaran menerapkan protokol kesehatan.

Setelah Upacara HUT Kota Samarinda, berlangsung penyerahan secara simbolis RT Digital untuk mendukung peningkatan PAD dan program Pro Bebaya 59 RT Kota Samarinda.

Program ini melibatkan Bankaltimtara dalam rangka digitalisasi iuran warga atau pembayaran dan optimalisasi pembayaran PBB masyarakat kota Samarinda guna peningkatan PAD.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Samarinda, Andi Harun menyerahkan Kartu ATM Bankaltimtara Komunitas yang merupakan hasil kolaborasi antara Bankaltimtara dan RSUD I.A. Moeis Kota Samarinda.

Kartu ATM tersebut juga dapat berfungsi sebagai kartu tanda pengenal atau keanggotaan.

Di puncak acara prosesi launching, balon udara dilepaskan sebagai simbolisasi launching Program optimalisasi PAD Kota Samarinda melalui Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).
Program ini untuk kegiatan transaksi belanja dan pendapatan daerah serta pembayaran di masyarakat secara non tunai yang berbasis digital sebagai upaya mendukung transparansi sistem pemerintahan daerah Kota Samarinda.

Berikut merupakan program dari Pemerintah Kota Samarinda yang terintegrasi dengan kanal pembayaran Bankaltimtara:

• “E-SIPATIN” Sistem Informasi Perpajakan Terintegrasi BAPENDA (elektronifikasi pembayaran Pajak Daerah PBB dan PDL)
• “SIPD 1.4” BPKAD (pengelolaan keuangan daerah yang lebih transparan, akuntabel, efektif dan efisien)
• “E-PARKING E-DERMAGA” DINAS PERHUBUNGAN (elektronifikasi retribusi pembayaran parkir tepi jalan umum dan retribusi pelayanan ke pelabuhan)
• “E-RESDA” DINAS LINGKUNGAN (elektronifikasi retribusi pelayanan persampahan/kebersihan)
• “E-RETRIBUSI PELAYANAN PASAR” DINAS PERDAGANGAN (elektronifikasi pembayaran retribusi pelayanan pasar)
• “E-RETRIBUSI PELAYANAN KESEHATAN” DINAS KESEHATAN (elektronifikasi pembayaran retribusi pelayanan kesehatan)
• “E-SIPARET” DINAS PUPR (elektronifikasi Sistem Pajak Retribusi yang merupakan program pembayaran retribusi pengendalian menara telekomunikasi)
• “E-RSUD” RSUD IA MOEIS (program pembayaran pelayanan kesehatan di RSUD IA Moeis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status