Clicky

Penghargaan Proklim 2021 Untuk Kaltim

KLIKSAMARINDA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK RI) menyerahkan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2021. Bagi Kaltim, ada beberapa wilayah, termasuk Pemerintah Provinsi Kaltim, yang menerima penghargaan tersebut.

Penyerahan penghargaan berlangsung di Auditorium Gedung Manggala Wanabhakti Jakarta, Selasa 19 Oktober 2021 dalam kegiatan bertema Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dan Peningkatan Ketahanan Iklim untuk Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya mengungkapkan bahwa program kampung iklim yang telah berjalan di sejumlah wilayah berkontribusi besar dalam penurunan emisi gas rumah kaca.

“Hasil penghitungan pengurangan emisi gas rumah kaca di 312 lokasi proklim yang diverifikasi pada 2021 ini dengan menggunakan aplikasi Spektrum yakni sebesar 761.445 ton CO2 ekuivalen,” ujar Siti Nurbaya dalam acara penutupan Festival Iklim 2021 yang diselenggarakan secara daring.

Secara langsung, mewakili Gubernur Kaltim, Isran Noor, Kepala DLH Kaltim, EA Rafiddin Rizal menerima piagam penghargaan pembinaan ProKlim bagi Pemprov Kaltim yang ditandatangani Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. Siti Nurbaya Bakar.

“Penghargaan ini, sebagai bukti keseriusan pemerintah provinsi untuk menjalankan sepenuhnya pembangunan Rendah Karbon dan pembangunan Hijau serta mendukung sepenuhnya target Pemerintah Republik Indonesia untuk menciptakan 20.000 Kampung Iklim pada tahun 2030,” ujar EA Rafiddin Rizal kepada Humas Pemprov Kaltim, usai menerima penghargaan di Jakarta.

Menurut EA Rafiddin Rizal, tropy Proklim diberikan kepada tiga desa/dusun dan kelurahan di wilayah Kota Samarinda, Kota Balikpapan serta Kabupaten Kutai Timur. Penyerahan diberikan secara simbolis dan ditayangkan virtual zoom oleh Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim mewakili menteri.

Pemprov Kaltim melalui DLH mengapresiasi dan sangat bangga atas kerja keras 3 peraih tropy dalam membina calon Kampung Iklim. DLH Kaltim juga mengapresiasi bagi pemerintah kabupaten/kota dan mitra pendukung hingga mengantarkan meraih penghargaan tingkat nasional sebagai peraih Tropy Proklim Tahun 2021.

EA Rafiddin Rizal menyebutkan DLH Kaltim mencalonkan sembilan lokasi yang diajukan sebagai calon penerima tropy Kampung Iklim. Diantaranya, Dusun II Kabo Jaya Desa Swarga Bara Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur (Kutim), yang baru saja dikunjungi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, serta Kelurahan Mugi Rejo Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda.

Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, terdapat dua lokasi yang diajukan dan seluruhnya mendapatkan penghargaan.

“Yang jelas, penghargaan yang diterima Provinsi Kaltim merupakan kali pertama, sementara di tingkat kabupaten/Kota diraih Kabupaten Paser,” ujar EA Rafiddin Rizal.

Kota Samarinda tahun ini kembali meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) berupa Trophy Proklim Utama di tahun ketiga setelah sebelumnya di tahun 2019 dan 2020.

Trophy utama tahun ini dipersembahkan Kelurahan Mugirejo, Kecamatan Sungai Pinang. Secara virtual, kegiatan ini langsung dihadiri Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Nurrahmani, Camat Sungai Pinang Siti Nurhasanah, Lurah Mugirejo Nur Irwansyah dan pengurus Proklim di Command Centre Dinas Kominfo Samarinda.

Menurut Wawali Rusmadi, pemerintah dalam hal ini harus bisa menempatkan pada posisi penting seperti dalam pembangunan ini harus bisa berjalan tapi tetap menjaga lingkungan. Wawali Rusmadi menambahkan, penghargaan yang diraih sesuai dengan misi ke lima Pemerintah Kota yaitu mewujudkan kota dengan lingkungan yang aman, nyaman, harmoni dan lestari.

“Kami mengapresiasi atas keberhasilan kembali meraih penghargaan Proklim Trophy Utama di tahun ke tiga ini,” ucap Wawali Rusmadi. (*)

DMCA.com Protection Status