Clicky

Ketua Komisi IV DPRD Samarinda Apresiasi Raihan APE Pratama

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda, meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) katagori Pratama tahun 2020.

Penyerahan penghargaan piala dan sertifikat ini dilakukan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia (RI) secara virtual kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) Kota Samarinda di ruang rapat gedung Inspektorat Samarinda, Jalan Dahlia, Rabu pagi, 13 Oktober 2021.

Hadir dalam acara virtual itu Menteri PPPA Bintang Puspayoga dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Profesor Muhadjir Effendy, dihadiri para Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta para menteri pemberdayaan perempuan dari 10 negara dan para kepala daerah (gubernur, bupati, walikota) se Indonesia.

Penghargaan APE itu mendapatkan apresiasi dari Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti. Menurut Sri Puji Astuti, prestasi yang telah diraih Pemkot Samarinda sangat berkaitan dengan upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

“Saya turut bangga atas pencapaian Pemkot Samarinda dalam Anugerah Parahita Ekapraya 2020 katagori Pratama ini. Semoga prestasi ini bisa dipertahankan di tahun-tahun yang akan datang,” ujar Sri Puji Astuti.

APE merupakan penghargaan atas komitmen dan peran para pimpinan serta stakeholder pemerintah pusat dan daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Usai kegiatan, Kepala DP2PA kota Samarinda, Fitermen, mengaku bersyukur atas penghargaan yang diraih dari Kementerian. Fitermen menyatakan, hasil tadi merupakan komitmen penuh dari Dinasnya bersama OPD dilingkungan Pemkot terhadap pengarusutamaan gender.

“Alhamdulillah atas penghargaan ini, semoga bisa menjadi motivasi bagi teman-teman di Dinas agar terus berupaya dalam memperbaiki kinerja agar lebih baik lagi,” ujar Fitermen.

Selain Samarinda, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan Pemkab Kutai Kartanegara juga menerima Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 Kategori Utama. Kota Balikapapan Kategori Pratama, Kabupaten PPU Kategori Pratama, dan Kabupaten Paser Kategori Pratama.

Penganugerahan setiap dua tahun sekali oleh Kementerian PPPA ini dilakukan secara virtual. Dari Ruang Heart of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim HM Sa’bani, didampingi Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim, Noryani Sorayalita, Pejabat Fungsional Gubernur Kaltim Hj Ardiningsih, Kepala Dinas Kesehatan dr Hj Padilah Mante Runa, Ketua DPD Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kaltim Ani Juwairiyah serta pimpinan OPD di lingkup Pemprov Kaltim.

Pemprov Kaltim menerima penghargaan bersama 12 provinsi lainnya, yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kepulauan Riau, Jambi, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Utara. Kaltim telah empat kali menerima penghargaan APE, yaitu Pratama dua kali, kemudian Madya, dan tahun ini kategori Utama.

Atas capaian APE ini, Sa’bani menyatakan bersyukur sekaligus memuji kinerja OPD lingkup Pemprov Kaltim dalam mendukung program pengarusutamaan gender (PUG) di Benua Etam.

“Ini bukti kerja keras kita, Artinya selama ini dari tahap perencanaan hingga impelmentasi sudah sesuai yang ditetapkan. Juga terjadi peningkatan kualitas terhadap pemberdayaan perempuan atau lebih pada pengarusutamaan gender,” ujar Sa’bani. (Adv)

DMCA.com Protection Status