Clicky

Pansus DPRD Samarinda Serahkan Klausul Penambahan Penyertaan Modal Bankaltimtara ke Wali Kota

KLIKSAMARINDA – Panitia Khusus (Pansus) Penyertaan Modal Bankaltimtara DPRD Samarinda mulai bekerja setelah diperpanjang masa tugasnya. Kali ini, Tim Pansus bertandang ke Balai Kota Samarinda untuk menyerahkan sejumlah klausul rencana penambahan modal ke Bankaltimtara kepada Wali Kota Samarinda, Senin, 8 November 2021.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua DPRD Samarinda, Subandi, Ketua Pansus Penyertaan Modal Bankaltimtara DPRD Samarinda, Kamaruddin, Ketua Komisi II Fuad Fakhruddin, dan anggota Komisi II lainnya, antara lain Hj. Laila Fatiha dan Fakhruddin.

Hingga saat ini, Pemkot Samarinda telah menyertakan modal kepada Bankaltimtara sebesar Rp49,25 miliar. Rencananya, Pemkot Samarinda akan menambah penyertaan moal sebesar Rp750 juta menjai Rp50 miliar.

Ketua Pansus Penyertaan Modal Bankaltimtara DPRD Samarinda, Kamaruddin menyatakan, kajian sementara permintaan permodalan dari Bankaltimtara dibutuhkan untuk unit usaha bank syariah Kaltim. Karena itu, menurut Kamaruddin diperlukan tambahan dana dari kabupaten/ kota dan provinsi di Kaltim dan Kaltimtara.

Menurut Kamaruddin, Pemkot Samarinda tidak wajib menyertakan modalnya dalam kurun waktu lima tahunan. Penyertaan modal ini bergantung kemampuan keuangan daerah.

“Ini dikoreksi Pemkot. Klausul-klausul mana yang berubah. Kami harus sepakat, baru kemudian diparipurnakan untuk menjadi Perda di Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Samarinda. Ini penambahan, bukan penyertaan modal baru. Modalnya Samarinda sudah ada Rp 49 miliar lebih Rp 250 juta,” ujar Kamaruddin.

Pansus memiliki dasar hukum, yaitu Perda Kota Samarinda 12 Tahun 2009 tentang Penyertaan Modal Pemkot Samarinda Kepada Bankaltimtara dalam mengkaji rencana penambahan modal kepada Bankaltimtara ini.

Sementara itu, Wali Kota, Andi Harun, turut hadir dalam pertemuan tersebut. Menurut Wali Kota Andi Harun, pihak Bankaltimtara perlu meningkatkan komunikasi kepada para pemegang saham di kabupaten kota lainnya.

“Bankaltimtara agar aktif mengunjungi para pemegang saham seperti Gubernur, Kepala Daerah Walikota/Bupati Se-Kaltimtara dalam suatu pertemuan untuk membahas program-program ke depan,” ujar Wali Kota, Andi Harun. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com