Festival Mahakam 2022 Dimulai, Ciptakan Peluang Ekonomi dan Hiburan Samarinda

Festival Mahakam 2022

Pembukaan Festival Mahakam 2022, Selasa malam 1 November 2022. (Foto: Pia/Klik)

KLIKSAMARINDAWali Kota Samarinda Andi Harun membuka resmi Festival Mahakam (Fesma) 2022 dengan tema “Indonesian Dance Music Festival For The World” di Taman Bebaya, Jalan Slamet Riyadi Samarinda, Selasa malam 1 November 2022.

Pembukaan Festival Mahakam 2022 turut dihadiri Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatam (Events), Edy Wardoyo, perwakilan Pemprov Kaltim, Ketua DPRD Samarinda, Sekretaris kota Samarinda, serta OPD Samarinda lainnya.

Fesma 2022 akan berlangsung mulai 1 hingga 6 November 2022 di Taman Bebaya Samarinda.

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatam (Events), Edy Wardoyo mengungkapkan harapan agar Fesma 2022 sukses terlaksana.

Edy Wardoyo juga mengharapkan agar Festival Mahakam dapat membawa manfaat ekonomi dan membuka peluang usaha dan peluang kerja seluas luasnya.

Selain itu, Edy Wardoyo juga tetap mengingatkan agar dalam pelaksaan Festival Mahakam tetap menerapkan dan menjaga protokol kesehatan.

“Saya berharap bahwa event Festival Mahakam sukses dan membawa manfaat ekonomi dapat membuka peluang jsaha dan peluang kerja seluas luasnya,” ujar Edy Wardoyo.

Sementara itu, Wali Kota Andi Harun mengatakan sejumlah pesan dari pelaksanaan Festival Mahakam 2022.

Pertama adalah ingin memperkenalkan Sungai Mahakam sebagai salah satu Sungai terindah yang ada di Indonesia. Wali Kota Andi Harun bahkan menyatakan niatnya untuk menjadikan Sungai Mahakam sebagai teras Samarinda.

“Tepian Mahakam akan akan menjadi teras Samarinda,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Pesan lainnya adalah bahwa di tengah gejolak pandemi Covid 19 dan ancaman krisis global, Samarinda menunjukan bahwa bangsa ini bisa bangkit.

Karena itu, Festival Mahakam ini digelar untuk memberi hiburan, tidak saja kepada masyarakat Kota Tepian, tapi seluruh masyarakat Kaltim.

“Kita ingin memberi hiburan kepada masyarakat Samarinda bahwa Samarinda adalah milik bersama. Tidak hanya Samarinda tapi bahkan Kaltim,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata (Disporapar) Samarinda, Muslimin, dalam laporan menyampaikan, Festival Mahakam 2022 berbeda dari tahun sebelumnya.

Perbedaan pertama adalah durasi pelaksanaan Festival Mahakam. Sebelumnya, Festival Mahakam dilaksanakan selama tiga hari. Kali ini, Festival Mahakam menjadi enam hari.

“Karena memang ada beberapa pertandingan yang selain di darat, juga ada di sungai termasuk juga ada pameran UMKM, ekonomi kreatif yang kita berikan fasilitas gratis buat mereka dalam rangk mempromosikan usaha-usaha kreatif mereka di Stadion Segiri,” ujar Muslimin.

Muslimin merinci sejumlah lomba dan event Festival Mahakam 2022.

Event di Sungai Mahakam, antara lain ada pertandingan perahu naga, lomba kapal hias, lomba balap ketinting, lomba rumah hias. Event tersebut akan digelar selama satu hari.

Event Festival Mahakam di darat akan berlangsung di Stadion Segiri Samarinda. Antara lain ada pertandingan tarian budaya nusantara, tarian pesisir, hingga tarian pedalaman.

“Termasuk penampilan tarian dari kabupaten/kota dan provinsi yang kita undang datang pada hari ini. Sebagai contoh ada tarian dari Kota Bontang, ada dari Bekasi dengan tarian Jaipongnya, tentu memberikan nilai positif buat budaya-budaya nusantara yang tampil pada hari ini,” ujar Muslimin.

Setelah dibuka, acara itu berlangsung meriah dengan hiburan tarian dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu juga ada penampilan musik dan nyanyi di panggung hiburan malam ini. Tak terkecuali Wali Kota Andi Harun dan beberapa pejabat lainnya yang turut menyumbangkan suara. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com