Wali Kota Samarinda Rencanakan Tata Ulang Kawasan Tepi SKM

Wali Kota Samarinda, Andi Harun saat meninjau kawasan tepi Sungai Karang Mumus, Rabu 16 Februari 2022. (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDAWali Kota Samarinda, Andi Harun, berencana menata ulang sejumlah kawasan di tepi Sungai Karang Mumus atau SKM. Wali Kota Andi Harun menyampaikan rencana tersebut saat meninjau proyek pembangunan dan pengelola drainase dan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Rabu 16 Februari 2022.

Penataan ulang SKM itu merupakan komitmen Wali Kota Andi Harun. Dalam uraian singkatnya, Wali Kota Andi Harun menyatakan bahwa penataan ulang itu untuk integrasi ruang publik seperti taman dan jalan.

Sejauh ini, Wali Kota Andi Harun telah meminta jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Dinas PUPR) Kota Samarinda untuk menyusun Detail Engineering Design (DED).

Ke depan, melalui DED tersebut, akan dibentuk titik-titik lokasi di tepi SKM dengan sejumlah fungsi. Dalam uraian Wali Kota Andi Harun, titik-titik kawasan itu berfungsi sebagai taman dan para pedagang kaki lima.

Satu kawasan yang menjadi perhatian Wali Kota Andi Harun adalah Jalan Tarmidi, Jalan Kehewanan, sampai arah Sungai Dama di tepi SKM. Menurut Wali Kota Andi Harun, ke depan sepanjang lokasi tersebut akan kembali ditata ulang dengan membangun taman secara terpadu dengan jalan.

“Saya juga telah meminta kepada Dinas PUPR dalam penyusunan nantinya, ada spot-spot yang disediakan untuk para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang ada di situ, tetapi pada umumnya akan kita tata menjadi taman dengan jalan yang terintegrasi dengan badan sungai yang nyaman dan bagus juga bisa menjadi spot baru di Kota Tepian,” urai Wali Kota Andi Harun.

Rombongan juga melakukan peninjauan saluran air di Fakultas Farmasi Unmul. Saluran itu tadinya direct ke sungai bertitik.

Namun dengan adanya pembangunan fasiltas parkir, mengakibatkan saluran tersebut tersumbat.

“Saya dan instansi terkait melihat langsung dan saya telah memerintahkan kadis PUPR serta berkoordinasi dengan pihak Unmul, untuk membuat sodetan baru dari arah dapan langsung ke arah sungai sehingga air itu menjadi lancar,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Dalam kesempatan itu Wali Kota didampingi anggota DPRD Komisi II Rudy, Anggota DPRD Komisi III Markaca, Asisten III Setkot Ali Fitri Noor, Kepala Dinas PUPR Hero Mardanus, Kepala Dinas Bapenda Hermanus Barus, Kepala Dinas Bappedalitbang Ananta Fathurrozi, dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Asli Nuryadin. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status