Clicky

Wapres Ma’ruf Amin Orasi di UNU Kaltim Tentang Isu TI

KLIKSAMARINDA – Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin bertolak ke Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa pagi, 2 November 2021. Wapres dan rombongan terbatas, menggunakan pesawat kepresidenan Boeing Business Jet 2 (BBJ-2).

Rombongan Wapres berangkat dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju Samarinda sekitar pukul 06.00 WIB atau pukul 07.00 Wita.

Turut mendampingi Wapres dalam rombongan pesawat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH. Said Aqil Siradj, Sekretaris Eksekutif Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional (KPRBN) Eko Prasojo, Plt. Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, serta sejumlah Staf Khusus, Tim Ahli, dan Perangkat Wapres.

Setelah menempuh penerbangan sekitar dua jam, Wapres tiba di Bandar Udara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda pada pukul 09.05 Wita.

Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, serta Staf Khusus Wapres Sukriansyah S. Latief dan Prof. Nasir yang mendahului rombongan Wapres Ma’ruf Amin sehari sebelumnya, menyambut RI 2 tersebut.

Kunjungan kerja Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin ke Benua Etam Kalimantan Timur diawali dengan menyapa sejumlah perwakilan siswa/siswi SD Muhammadiyah 1 Samarinda, di bilangan Jalan Sei Brantas Samarinda Kota

Wapres dan rombongan lLu beranjak ke Hotel Bumi Senyiur di Jalan Diponegoro No. 17 – 19, Kota Samarinda. Setibanya di Hotel Bumi Senyiur, Wapres disambut oleh Rektor dan Ketua Senat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Timur.

Di Grand Ballroom Hotel Bumi Senyiur, Wapres memberikan Orasi Ilmiah dalam rangka Dies Natalis Ke-7 UNU dan menandatangani prasasti peresmian Gedung Kampus 2 UNU Kalimantan Timur.

Gubernur Isran Noor memberikan sambutan berisi doa untuk Wapres Ma’ruf Amin dan Indonesia jaya.

“Mohon maaf Pak Wapres kalau persiapan kami kurang. Yang pasti, kami berusaha keras agar seluruh rangkaian acara kunjungan Pak Wapres berjalan lancar dan sukses,” ujar Gubernur Isran Noor.

Orasi ilmiah Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Ma’ruf Amin mengangkat isu terkait pentingnya penanaman karakter bangsa bagi generasi muda di tengah gempuran teknologi informasi yang kian massif dewasa ini.

Wapres memulai paparannya dengan menguraikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi dalam beberapa waktu terakhir.

Diakui Ma’ruf Amin, kemajuan teknologi informasi membuka peluang baru untuk memperbaiki kehidupan manusia. Di sisi lain perkembangan teknologi informasi juga membawa tantangan dan risiko.

Menurut Ma’ruf Amin, teknologi telah mengubah banyak aspek kehidupan masyarakat dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Informasi mengalir dari satu tempat ke tempat lain, hanya dalam hitungan detik. Perubahan ini bisa membawa kemaslahatan, tapi juga kemudaratan. Tergantung bagaimana kita menyikapi dan mengelolanya,” kata Wapres Ma’ruf Amin pada Rapat Terbuka Senat Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Timur dalam rangka Dies Natalis Ke-7 di Ballroom Hotel Grand Senyiur.

Wapres Ma’ruf Amin menyebutkan, salah satu kemudaratan teknologi informasi adalah penyebaran secara massif, paham yang bertentangan dengan ideologi negara. Bukan hanya itu, pun sering terjadi disinformasi dalam rupa berita bohong atau hoaks.

“Salah satu sebab disinformasi itu adanya algoritma kurasi yang membuat setiap kelompok orang meyakini hanya informasi yang dipasok oleh kelompoknya yang benar. Sementara kelompok lain, meyakini kebenaran hanya dari kelompok mereka sendiri. Hal ini akan menimbulkan keterbelahan dan perpecahan umat serta bangsa,” ujar Ma’ruf Amin.

Karena itu, kata mantan Ketua MUI itu, perguruan tinggi sebagai tahap akhir pendidikan formal, seyogyanya dapat membekali mahasiswa untuk senantiasa dapat bersikap kritis dalam menyikapi arus media informasi dengan tetap berpegang teguh kepada akidah, akhlak (etika, moral dan karakter), serta ilmu pengetahuan.

Peresmian gedung Kampus II UNU Kaltim oleh Wapres Ma’ruf Amin cukup singkat, hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit.
Usai melepas pita untaian bunga melati, Wapres meninjau beberapa display gedung kampus UNU. Dan sesekali bertanya berapa tingkat dan mulai kapan gedung kampus dibangun.

Selain tempat belajar, Wapres Ma’ruf Amin berharap kampus menjadi tempat pembinaan karakter untuk membangun bangsa. Pembinaan karakter ini nantinya memiliki peran penting dalam pembangunan.

“Saya harap kampus ini menyampaikan lebih banyak narasi tentang toleransi dan kerukunan, sikap cinta kepada sesama, nasionalisme dan patriotisme,” pesan Ma’ruf Amin.

Wapres juga meninjau Kampus 2 UNU di Jalan APT Pranoto, Rapak Dalam dan dilanjutkan dengan memimpin Rapat tentang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dan Pelayanan Publik di Pendopo Odah Etam, Rumah Jabatan Gubernur Kalimantan Timur di Jalan Gajah Mada Nomor 2, Kota Samarinda.

Usai memimpin rapat, di tempat yang sama Wapres berkesempatan meninjau berbagai pameran produk UMKM dan Pelayanan Publik, sebelum bertolak kembali ke Jakarta sekitar pukul 17.15 Wita atau 16.15 WIB.

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com