Clicky

Tagana Kaltim Berangkat Bantu Korban Banjir Kalsel

KLIKSAMARINDA – Pemprov Kaltim melalui Dinas Sosial memberi dukungan dan bantuan kepada korban bencana banjir di Kalimantan Selatan dengan mengirimkan Tim Tanggap Darurat Bencana atau Tagana Kaltim. Pada Senin 18 Januari 2021, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi didampingi Sekda Prov Kaltim HM Saba’ni beserta Kadis Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma, melepas Tim Tagana Kaltim ke Kalimantan Selatan (Kalsel) di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Nomor 2, Samarinda.

Tim Tagana ini terdiri dari 20 personil dan berangkat dengan 1 (satu) unit kendaraan dapur umum, 1 (satu) unit truk pengangkut logistik, 1 (satu) unit mobil rescue double cabin, 2 (dua) unit mobil RTU dan 1 (satu) motor trail.

Selain membawa perlengkapan operasi, Tim Tagana Kaltim juga membawa bantuan sembako berupa 1 ton beras, mie instan 125 dos, minyak goreng 16 dos (200 liter), kornet 8 dos, susu kaleng 8 dos, gula 200 kg, telur 66 piring, serta pakaian, selimut, APD (masker dan vitamin) serta bantuan dari penggalangan dana dan material OPD.

Wagub Hadi Mulyadi mengingatkan masyarakat Kaltim untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap saudara-saudara sebangsa dan setanah air yang tertimpa musibah, tidak terkecuali Kalimantan Selatan yang terkena musibah banjir.

“Ini perjalanan (kiriman) pertama dan luar biasa, karena misi kemanusiaan. Insya Allah nanti akan ada lagi dan saya minta Pak Agus (Kepala Dinas Sosial) terus pantau,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

Wagub Hadi Mulyadi juga berpesan kepada tim Tagana Kaltim agar selalu menjaga kesehatan dan kekompakkan sesama tim, agar maksimal membantu warga yang tertimpa musibah.

“Jangan sampai kalian sakit dan sampaikan salam saya, salam Pemerintah Provinsi Kaltim dan masyarakat disini. Semoga musibah ini cepat berlalu,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

Sementara Kadis Sosial Kaltim HM Agus Hari Kesuma menyebutkan Tim Tagana Kaltim bertugas estimasi 7 (tujuh) hari dan lokasi pendaratan tim sejauh mana tempat yang bisa dijangkau maka tim akan berhenti serta melakukan pelayanan.

“Kalau itu masih bisa dilewatin oleh kendaraan bermotor, kami mendistribusikannya (bantuan) pakai motor, kalau tidak bisa, ada (pakai) perahu. Dukungan ini tidak lain adalah bagian dari kepedulian Pemprov Kaltim melalui Dinas Sosial untuk membantu saudara kita yang tertimpa musibah di Kalimantan Selatan (Kalsel). Ini semua bagian dari solidaritas kita sebagai warga negara Indonesia. Karena Kaltim memiliki komitmen tiada hari tanpa solidaritas. Karena itu, diharapkan bantuan dan dukungan relawan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang menjadi korban bencana,” ujar Agus Hari Kesuma. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status