Kasus Covid Melonjak, Pemprov Kaltim Aktifkan Isoter Sempaja Samarinda

KLIKSAMARINDA – Tempat Isolasi Terpusat Covid-19 Provinsi Kalimantan Timur berada di Jalan KH Wahid Hasyim 1, Wisma Atlet, GOR Sempaja, Samarinda. Tempat Isoter ini resmi dibuka pada Jumat, 18 Februari 2022.

Setiap warga yang akan menggunakan fasilitas tempat isoter dapat menghubungi Call Center Isoter di nomor kontak 0811510119.

Pembukaan tempat isoter ini menyusul terjadinya lonjakan kasus konfirmasi Covid-19. Per Jumat 18 Februari 2022, Tim Satgas Covid-19 Kaltim melaporkan jumlah kasus konfirmasi Covid-19 Kaltim mencapai angka 1608 kasus.

Lonjakan kasus juga menyebabkan 9 dari 10 kabupaten kota di Kaltim berstatus zona merah per 18 Februari 2022.

Kecuali Kabupaten Mahakam Ulu yang berstatus zona kuning, 9 Kabupaten dan Kota di Kaltim masuk zona merah. Antara lain Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Paser, Penajam Paser Utara, Balikpapan, Bontang dan Samarinda.

“Update kasus Covid-19 di Kaltim per tanggal 18 Februari 2022 jam 15.00 WITA penambahan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 1608 kasus,” demikian keterangan tertulis Satgas Covid-19 Kaltim melalui Dinkes Kaltim.

Pembukaan tempat isoter Kaltim dilakukan Plt. Sekretaris Daerah Prov. Kaltim, Riza Indra Riadi di Wisma Atlet Komplek GOR Sempaja Samarinda, Jumat 18 Februari 2022.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Masitah menyatakan lonjakan kasus Covid-19 mengalami kenaikan cukup signifikan sejak awal bulan Februari 2022.

“Sesuai arahan pemerintah pusat, maka Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Dinas Kesehatan bergerak cepat mengaktifkan kembali Isolasi Terpusat ini, guna penanggulangan pasien positif Covid-19,” ujar Masitah.

Masitah menambahkan, tahap awal kapasitas tempat tidur yang tersedia di tempat isoter Kaltim ini sebanyak 50 tempat tidur. Ada pun tenaga kesehatan yang bertugas adalah 22 orang.

“Terdiri dari dokter, perawat, apoteker, sanitarian, tenaga medis dan tenaga penunjang lainnya. Nantinya kapasitas tempat tidur dapat bertambah secara bertahap sesuai dengan peningkatan jumlah pasien yang dirawat. Kapasitas Isoter ini sendiri dapat menampung 385 orang pasien,” ujar Masitah.

Masitah menambahkan, masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 dapat menghubungi call center isoter terlebih dahulu untuk mendapatkan arahan, sebelum datang ke lokasi isoter.

“Bagi masyarakat yang OTG (Orang Tanpa Gejala) bisa melakukan isoman dengan mendapatkan pelayanan telemedicine, sedangkan yang tidak memungkinkan isoman dapat memanfaatkan isoter ini. Hal ini akan dipilah oleh petugas melalui triage juga yang harus segera ke Rumah Sakit, untuk itu manfaatkan pelayanan call center isoter,” ujar Masitah.

Hadir pula Satgas Covid-19 Provinsi Kaltim, Kadispora Kaltim, Kepala UPDT Stadion Sempaja, Ketua Tim TGUP3 Bidang Kesehatan, Karo Kesra Setda. Prov Kaltim, Kasatpol PP Kaltim, BPBD, Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Kepala Bidang di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Subbag Keuangan dan PPTK APBD, Kasubbag Umum, Kasi P2PM, Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kaltim. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status