Clicky

Indahnya Panorama Gunung Boga Paser Kaltim

KLIKSAMARINDA – Kalimantan Timur ternyata memiliki kawasan wisata yang menyajikan keindahan panorama perbukitan dengan awan di sekitarnya. Sekilas, orang akan merasa sedang berada di atas awan.

Pemandangan puncak bukit tampak di kejauhan diselimuti putihnya awan. Puncak bukit yang ada di seberang pandangan mata yang menjadi latar belakang untuk berswafoto.

Itulah pemandangan yang bisa disaksikan di puncak Gunung Boga atau Gunung Embun di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser. Berada di gunung ini, setiap pengunjung akan merasa seperti berada di negeri atas awan.

Embun di pagi hari pun menebar pesona. Suasana asri dikelilingi hutan belantara dan perkebunan sawit serta sejuknya hawa jelang matahari terbit terasa lembut dan dingin membasahi ranting. Aroma dedaunan pun masih kuat.

Daya tarik ini membuat banyak pengunjung bermalam dan membuat perkemahan di lokasi. Salah satunya Fatur, warga Samarinda yang menginap di area Gunung Boga. Fatur bersama beberapa rekan datang untuk menikmati suasana alam di Gunung Boga.

”Keren. Di sini berkabut. Tempatnya cukup tinggi. Makanya kabutnya cukup tebal. Gunung-gunungnya juga keren buat camp,” ujar Fatur, Sabtu, 16 Oktober 2021 lalu.

Fatur merasakan bahwa berlibur saat ini menjadi aktivitas yang paling dinantikan selama pandemi. Masyarakat dituntut untuk lebih banyak berkegiatan di dalam rumah supaya mengurangi penyebaran covid-19.

Menurut Fatur, kebutuhan untuk berwisata harus tertunda. Namun, dengan terus menurunnya jumlah kasus terkonfirmasi covid19, harapan berwisata di alam terbuka muncul kembali.

Pengunjung lainnya asal Samarinda, HM Faisal, mengungkapkan hal serupa. Menurut HM Faisal, meski harus menempuh perjalanan yang cukup panjang dengan medan alam yang sulit, namun kelelahan terbayarkan oleh pemandangan indah di puncak bukit.

”Luar biasa, sesuai lah dengan perjalanan yang harus kita tempuh dari pagi dan perjalanan yang masih kelok kelok sampai di sini. Luar biasa, Kaltim gak kalah juga dengan pemandangan di pulau Jawa,” ujar HM Faisal.

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor juga berkesempatan menikmati panorama Gunung Boga, Paser. Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Paser, Sabtu 16 Oktober 2021, Gubernur Isran Noor mengatakan sektor pariwisata harus terus bergerak agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Namun, Gubernur Isran Noor tetap mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid19.

”Walaupun terjadi penurunan, jangan abai. Pelihara kesehatan keluarga agar kita bisa beraktivitas seperti sekarang ini terus berlanjut untuk membangun kesejahteraan dan perekonomian masyarakat kita,” ujar Gubernur Isran Noor.

Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan alam di Gunung Boga, Kabupaten Paser, Kaltim, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan informasi keberadaan Gunung Boga.

Sejumlah hotel dan penginapan di kawasan ini juga telah menyediakan berbagai agen perjalanan yang bisa mengantarkan pengunjung ke kawasan Gunung Boga. Untuk sampai ke puncak gunung, pengunjung harus menggunakan kendaraan khusus yang memiliki doble gardan.

Dengan jarak tembuh 1 jam 20 menit dari ibukota Paser, Tanah Grogot, Anda sudah bisa menikmati suasana di atas Gunung Boga.

Di tempat itu, Anda juga bisa menyewa peralatan untuk berkemah dengan harga berkisar Rp100 ribu sampai Rp150 ribu per tenda. (Jie)

DMCA.com Protection Status