Clicky

Kubar Bangkitkan Pariwisata, Mulai Aktifkan Destinasi untuk Publik

Pemandangan di Gunung S, Kutai Barat (Kubar).

KLIKSAMARINDA – Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mulai membuka sejumlah destinasi wisata. Sebelumnya, akibat pandemi, destinasi wisata itu tertutup untuk umum atau terbatas kunjungannya.

Destinasi wisata yang mulai dibuka di Kubar antara lain Gunung S. Destinasi wisata Kubar ini dulu pernah menjadi venue cabang olahraga PON Kaltim 2008 lalu.

Venue PON Kaltim 2008 itu berubah menjadi tempat warga untuk berlibur. Namun, sejak pandemi merebak, destinasi tersebut ditutup pemerintah.

Warga sendiri bisa melihat pemandangan alam dari Gunung S. Seperti pemandangan awan dan menghadirkan kepuasan tersendiri bagi para pengunjung.

Dari atas bukit, pengunjung dapat menikmati suasana alam hutan tropis yang ada di Pulau Kalimantan. Daya tariknya memberikan kesan tersendiri bagi setiap pengunjung.

Di kawasan Gunung S Kubar, tersedia rumah untuk beristirahat. Ada pula spot-spot untuk berswafoto dan berbagai fasilitas wahana alam lainnya.

Kawasan Gunung S Kubar juga kerap menjadi arena berlatih atlet paralayang.

Gunung S ini berada di Kampung Lakan Bilem, Kecamatan Nyuatan. Jaraknya 45 menit perjalanan darat dari Ibu Kota Kabupaten Kubar di Barong Tongkok.

Bagi warga yang memasuki kawasan Gunung S, ada tarif biaya Rp10 ribu. Sejak awal Januari 2022, kawasan ini mulai terbuka kembali untuk umum.

Sambutan positif pun datang dari berbagai pihak. Bagi Eslin dan Yuli, misalnya, yang merupakan warga Barong Tongkok Kubar ini, kawasan Gunung S menjadi tempat untuk mengisi waktu luang.

Keduanya mengaku sudah lama tak berkunjung ke Gunung S dalam beberapa bulan terakhir karena pandemi. Keduanya menyayangkan penutupan area Gunung S untuk umum.

“Sudah lama betul. Berapa bulan gak pernah ke sini lagi. Ya, bagus, asli gitu. Jadi adem kalau kita jalan-jalan ke sini dari kota. Bosan juga di kota terus. Kita, kan butuh suasana baru,” ujar Eslin akhir pekan lalu.

Pengunjung lainnya, Maria Bulan, mengaku rindu untuk datang ke Gunung S Kubar. Menurut Maria Bulan, Gunung S adalah destinasi wisata alami di Kubar memiliki suasana sejuk.

“Satu-satunya tempat yang alami. Mungkin karena jalannya dan tempatnya sejuk,” ujar Maria Bulan.

Daya tarik Gunung S juga mengundang wisatawan dari Samarinda, Ibu Kota Provinsi Kaltim.

Seperti Pandu yang datang dari Samarinda dan merasa senang bisa melihat langsung Gunung S Kubar untuk pertama kali.

“Tadi niatnya mau lihat selimutan awan. Namun terkendala cuaca karena hujan sejak tadi malam. Jadi tidak nampak jelas awan yang ada di Gunung S ini. Saya lihat di sosmed awan-awan di sosmed,” ujar Pandu. (Jie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com