TPID di Kaltim Raih Penghargaan Nasional | KLIK SAMARINDA
News

TPID di Kaltim Raih Penghargaan Nasional

KLIKSAMARINDA – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (PID) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bersama enam provinsi lain meraih penghargaan berupa TPID Award 2020 kategori provinsi terbaik pengendalian inflasi daerah. Selain Provinsi Kaltim, TPID Award kategori terbaik tingkat kabupaten/kota juga diraih Samarinda dan Mahakam Ulu.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyerahkan penghargaan tersebut di Ruang Graha Sawala, Gedung Ali Wardhana Jakarta, Kamis 22 Oktober 2020. Gubernur Isran Noor menerima penghargaan tersebut bersama Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2020 dengan tema “Transformasi Digital UMKM Pangan, Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Stabilitas Harga Menuju Indonesia Maju”.

Rakornas diselenggarakan Bank Indonesia bersama Kemenko Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan dan Kementrian Koperasi UMKM dibuka Presiden Joko Widodo. Dalam arahannya, Presiden Jokowi mengingatkan Pemerintah dituntut mampu mempertahankan tingkat Inflasi agar tidak terlalu rendah. Inflasi harus dijaga pada titik keseimbangan agar memberikan stimulus pada produsen untuk tetap berproduksi.

Selain itu, usaha yang telah dilakukan pemerintah pusat diperkuat di daerah.
Melalui percepatan realisasi APBD, pada belanja bantuan sosial dan belanja modal yang mendukung pemulihan ekonomi terutama sektor UMKM.

“Saya minta Gubernur, Bupati/Walikota terus memberikan warna yang positif dan optimis kepada masyarakat, sampaikan kebijakan dan langkah penanganan pandemi covid setiap saat. Jelaskan program pemulihan ekonomi nasional,” ujar Presiden.

Point of View:  Selamat Jalan Pak Lurah Mugirejo

Gubernur Isran Noor menjelaskan inflasi kali ini dipengaruhi pandemi Covid-19. Namun, inflasi menjadi pertanda baik sebab perekomomian bergerak dan aktivitas masyarakat berjalan.

“Saya berharap pendistribusian anggaran segera terserap secepat mungkin, agar perputaran dan aktifitas ekonomi masyarakat tetap berjalan,” ujar Isran Noor.

Walikota Samarinda, Syaharie Jaang menyatakan Samarinda menambah koleksi penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk yang keempat kalinya.

“Alhamdulillah kembali saya yang juga Ketua TPID Kota Samarinda berhasil menerima penghargaan. Ini adalah yang ke empat kali khusus TPID,” ujar Syaharie Jaang seusai menerima penghargaan yang diserahkan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di ruang Graha Sawala Kemenko Perekonomian Jakarta.

Samarinda meraih empat kali penghargaan TPID TPID Berprestasi tahun 2015 diserahkan Presiden RI Joko Widodo, kemudian TPID Terbaik Nasional tahun 2017 diserahkan tahun 2018 oleh Presiden RI, TPID 2018 tahun 2019 yang diserahkan Wapres RI dan TPID Kota Berkinerja Terbaik Wilayah Kalimantan tahun 2019 diserahkan Menko Perekonomian didampingi Mendagri Tito Karnavian. (*)

Save on your hotel - hotelscombined.com
DMCA.com Protection Status