Strategi Pemkot Samarinda Jalankan Operasi Pasar Murah Antisipasi Inflasi

operasi pasar murah

Operasi pasar murah dan penyerahan bantuan kepada pedagang di Pasar Segiri Samarinda, Kamis 27 Oktober 2022.

KLIKSAMARINDA – Masih dalam rangka megendalikan inflasi, Pemkot Samarinda melalui Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota Samarinda, menggelar operasi pasar murah dan penyerahan bantuan kepada para pedagang di Pasar Segiri, Kamis 27 Oktober 2022.

Secara simbolis, atas arahan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi), Pemkot Samarinda menyalurkan 700 paket bantuan di Pasar Segiri. Sementara 100 paket lainnya diberikan di Pasar Pagi.

Dalam kesempatan kali ini, Pemkot Samarinda juga melakukan penyerahan bantuan uang tunai Rp250 ribu. Bantuan tersebut diserahkan kepada 100 pedagang yang sebelumnya telah termasuk ke dalam daftar.

“Semua kegiatan telah kita lakukan berdasarkan arahan Pak Presiden, dari yang berupa paket hingga bantuan tunai. Ke depannya ini akan terus berlanjut kepada beberapa kelompok sasaran,” ujar Wali Kota Samarinda, Andi Harun didampingi Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Ary Fadli dan Kasdim 0901/Samarinda, Letkol Inf Boyke Toipan Napitupulu SH mewakili Dandim Samarinda Kolonel Arm Novi Herdian.

Wali Kota Andi Harun menambahkan, sasaran, antara lain, pedagang tidak mampu, sopir angkot yang di dalamnya juga termasuk sopir online tidak mampu, nelayan tidak mampu, dan lain-lain.

“Ini akan diberikan sebagaimana target sasaran yang telah ditetapkan oleh nasional,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Selain bantuan tersebut, Pemkot Samarinda melalui Disperindag juga memberikan subsidi terhadap angkot berupa subsidi bahan bakar.

Tak berhenti sampai di situ, kerjasama dengan berbagai daerah seperti Jawa Timur (Jatim) dan Sulawesi Selatan (Sulsel) juga terus digencarkan guna mengendalikan laju pertumbuhan ekonomi.

“Kita akan mengadakan mobil inflasi, ada juga gerakan tanam cabai 10 hektar yang sektornya ada di Dinas Pertanian, serta penanaman bawang merah seluas satu hektare. Kemudian mengadakan pelatihan terhadap masyarakat agar mereka memiliki kesempatan ataupun peluang kerja,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Bersama dengan TNI dan Polri, Wali Kota Andi Harun menegaskan bahwa penyerahan bantuan akan terus dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan para pedagang seiring upaya pengendalian inflasi.

“Kita bahkan sudah proyeksi jangka panjang untuk persiapan Natal, Tahun Baru, bulan Ramadhan, dan juga Idulfitri,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Sementara itu, Kepala Disperindag Kota Samarinda, Marnabas menyatakan, penyerahan paket bantuan ke depan akan terus dilakukan di 10 titik Kota Tepian.

“Ada 10 titik sesuai jadwal. Satu di antaranya adalah di sini (Pasar Segiri). Intinya sekarang yang dipikirkan adalah bagaimana cara mengendalikan inflasi sebaik mungkin. Targetnya jadwal kami ini sampai akhir tahun, menyesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan,” ujar Marnabas. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com