Clicky

Serbuan Vaksin Covid di Samarinda

KLIKSAMARINDA – TNI dengan Kementerian Kesehatan RI serentak menggelar “Serbuan Vaksin Covid-19 Nasional” di Indonessia. Di Kalimantan Timur, khususnya di Samarinda, serbuan vaksinasi berlangsung di Halaman Parkir Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Sabtu 3 Juli 2021.

Target se Indonesia satu juta peserta divaksin serentak. Di Stadion Sempaja Samarinda, targetnya 1.000 penerima vaksinasi. Untuk Kaltim, yang berada di 3 titik, targetnya 3.000 penerima vaksinasi.

Kadis Kesehatan Kaltim, dr. Fadilah Mante Runa menyebutkan, vaksinasi per 3 Juli 2021 dipusatkan tiga titik, yaitu Stadion Madya Sempaja, Big Mall dan Vihara Buddhist Center dengan jenis vaksin Sinovac.

“Alhamdulillah mulai pagi hingga siang berjalan lancar. Ini semua kerja sama dengan TNI dan Polri. Target di Stadion Sempaja 1.000 penerima,” sebut Padilah Mante Runa.

Program vaksinasi akan terus dilakukan hingga seluruh masyarakat menerima semua. Sehingga aktivitas masyarakat tidak terganggu. Pemerintah berkomitmen dengan program vaksinasi ini. Karena itu, Gubernur maupun Pangdam sangat tegas untuk pelaksanaan vaksin.

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto mengatakan, target vaksinasi per 3 Juli 2021 di Kaltim, yang dipusatkan beberapa titik sebanyak 3.000 penerima vaksinasi.

Mayjen TNI Heri Wiranto juga menyampaikan TNI dan Polri bersama-sama berupaya untuk segera mendistribusikan vaksin kepada masyarakat agar cepat tercapai target yang ditelah ditentukan dan berharap vaksin sudah tercapai 70 persen.

“Jika vaksinasi reguler dari TNI yang dikelola Kodam VI Mukawarman sebanyak 68.500 vaksin. Sejak 26 Juni-2 Juli 2021 telah habis. Tapi, tetap kita dukung dengan kerja sama Pemerintah Daerah. Begitu ada vaksin, akan langsung laksanakan vaksinasi untuk masyarakat bersama TNI, Polri, Gubernur, dan Wali Kota,” ujar Mayjen TNI Heri Wiranto.

Wagub Kaltim, Hadi Mulyadi turut menghadiri dan menyaksikan gerakan vaksin serentak di Indonessia “Serbuan Vaksin Covid-19 Nasional” kerjasama TNI dengan Kementerian Kesehatan RI di Stadion Sempaja. Wagub Hadi berharap gerakan ini mampu mencegah penyebaran dan penularan Covid di Benua Etam.

“Melalui program ini semoga dapat menurunkan dan mencegah penyebaran Covid-19 di Benua Etam,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

Wagub Hadi Mulyadi mengapresiasi jajaran TNI maupun Polri di Kaltim yang selalu sigap membantu pemerintah daerah. Terutama dalam penanganan Covid-19. Melihat antusiasme masyarakat tinggi untuk divaksin, Wagub Hadi Mulyadi mengaku senang. Dengan demikian, masyarakat sudah menyadari dan tidak lagi percaya dengan berita Hoax tentang dampak negatif vaksin tersebut.

“Gubernur dan Pangdam juga Kapolda meminta agar vaksinasi harus terus dilaksanakan. Mungkin hari ini di Samarinda, selanjutnya di daerah lain,” ujar Wagub Hadi Mulyadi.

Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Rusmadi menyatakan mendukung program percepatan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang diinisiasi pemerintah, TNI, Polri, dan seluruh unsur lainnya saat ini. Rusmadi mengatakan dalam satu bulan ini masyarakat cukup antusias untuk vaksin.

Wawali Rusmadi menambahkan, jika telah terbangun Herd Immunity, maka secara psokologi ia katakan masyarakat akan kuat dan memiliki daya tahan tubuh yang baik.

“Semoga Kota Samarinda tidak mengalami peningkatan Covid-19. Kita tunggu lagi satu minggu ke depan. Artinya hari ini termasuk batas yang masih bisa dikendalikan. Jadi sekali lagi keselamatan yang utama, tetapi ekonomi juga harus bergerak dengan pembatasan-pembatasan,” ujar Wawali Rusmadi.

Hadir Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak, Danrem 091 ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, Kepala Pengadilan Tinggi Negeri Kaltim Sutoyo, Wawali Samarinda Rusmadi dan Kadis Kesehatan Kaltim Hj Padilah Mante Runa, Kepala BPBD Kaltim Yudha Pranoto, Kadispora Kaltim Agus Tianur serta Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com