Clicky

Dinas Perpustakaan Samarinda Gagas Peningkatan Literasi

KLIKSAMARINDA – Dinas Perpustakaan Kota Samarinda. Kalimantan Tmur menggagas upaya peningkatan literasi warga Samarinda melalui seminar kepenulisan. Seminar berlangsung Kamis, 1 Juli 2021, di Ruang Rapat Utama lantai 2 Balai Kota Samarinda.

Kegiatan ini bertajuk “Seminar Lokalitas Samarinda Dalam Feature dan Cerpen”. Tindak lanjut dari Seminar ini adalah kelas menulis yang dibagi dalam dua kategori.

Narasumber yang terlibat dalam acara ini adalah Patimah Irni, S.Pd., M.Si. dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Sarip, seorang penulis buku dan artikel sejarah lokal Kalimantan Timur, serta Nisa Rahmah, novelis yang berdomisili di Samarinda.

“Pertama, kelas menulis feature yang akan dibimbing oleh penulis ejarah, Muhammad Sarip. Kedua, kelas menulis cerpen yang akan dimentori oleh Nisa Rahmah. Seluruh hasil karya peserta nantinya akan diterbitkan dalam bentuk buku fisik dan digital,” ujar Plt. Kepala Dinas Perpustakaan kota Samarinda, Nur Hikmah, melalui keterangan terulis, Sabtu 3 Juli 2021.

Diharapkan, cara seperti ini mampu meningkatkan minat baca masyarakat, menambah kuantitas dan kualitas penulis Samarinda, serta memperkaya koleksi tulisan yang bertema lokalitas Samarinda.

Para peserta antusias mengikuti acara tersebut yang dimulai sejak pagi hingga sore hari. Pertanyaan pun banyak dilontarkan kepada para nara sumber, yang mengindikasikan besarnya rasa ingin tahu peserta seminar terhadap dunia kepenulisan. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com