Clicky

Program Padat Karya Kemenhub di Samarinda Dimulai

KLIKSAMARINDA – Program Padat Karya Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI di Samarinda, Kalimantan Timur dimulai. Pembukaan pelaksanaan Program Padat Karya ini berlangsung Selasa 4 Mei 2021 di halaman kantor Distrik Navigasi Kelas I Samarinda, Jalan Gurami, Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir.

Anggota Komisi V DPR RI Dr Irwan membuka kegiatan ditandai pemukulan gong. Menurut Irwan, program padat karya ini sangat dibutuhkan masyarakat apalagi di tengah pandemi covid-19 untuk menguatkan daya beli masyarakat.

”Untuk itu di Komisi V DPR RI terus kami dorong usulan padat karya sekaligus menyetujui alokasi anggaran untuk program padat karya di seluruh tanah air. Alhamdulillah di Kaltim mulai Paser, PPU, Balikpapan, Kuala Samboja, Samarinda, Santan, Bontang, Sangkulirang dan Berau memiliki program padat karya yang memberdayakan pekerjanya dari masing-masing wilayah kerja UPT Kemenhub yaitu KUPP/KSOP serta Dirnav,” ujar Irwan.

Irwan menambahkan, program ini dilaksanakan secara berkesinambungan, efektif dan melibatkan lebih banyak tenaga kerja lokal yang profesional juga terampil.

“Tidak hanya menyerap tenaga kerja kasar atau buruh harian lepas, tapi juga mampu memperkerjakan sumber daya masyarakat yang lebih kompeten di bidang galangan kapal dan kelautan,” ujar Irwan

Program Padat Karya dari Kemenhub ini untuk memberdayakan masyarakat lokal sekitar pelabuhan. Karena itu, Pemerintah Kota Samarinda melalui Sekretaris Daerah, Sugeng Chairuddin, mengapresiasi program padat karya UPT Dirjen Perhubungan Laut di Provinsi Kalimantan Timur dan PT Pelindo IV Cabang Samarinda

Menurut Sugeng Chairuddin, melalui program padat karya yang telah bersinergi dengan 10 program unggulan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Samarinda, untuk memberdayakan masyarakat lokal sekitar pelabuhan.

”Kegiatan Ini menunjukan perhatian serta kepedulian semua pihak yang terlibat dalam memberdayakan masyarakat lokal. Kegiatan ini dapat mendorong pembangunan di daerah untuk memulihkan ekonomi, termasuk menekan pengangguran, kemiskinan. Apa lagi di Bulan Ramadhan saat ini yang masih dimasa pandemi Covid-19. Juga semoga memberikan nilai tambah ekonomi keluarga,” ujar Sugeng Chairuddin.

Hadir dalam pembukaan ini, anggota Komite II DPD RI Aji Mirni Mawarni. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status