Clicky

Materi Berpikir Kreatif Kepala BKD Kaltim Saat PKP V

KLIKSAMARINDA – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur, Diddy Rusdiansyah, menyampaikan materi pembelajaran kepada Peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan V Tahun 2021 Kelas Provinsi Kalimantan Timur,yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim.

Materi disampaikan secara virtual yang dipandu oleh Kepala Bidang Pengembangan, Kompetensi Manajerial dan Fungsional (PKMF), Dr. Fitriansyah, S.T., M.M, Selasa 4 Mei 2021.

Pada kesempatan ini, Diddy Rusdiansyah menyampaikan materi mengenai “Berfikir Kreatif”. Diddy Rusdiansyah berbagi pengalaman selama kepemimpinannya yang dapat dijadikan pelajaran bagi para peserta.

Khususnya mengenai kemampuan adaptasi dan perkembangan teknologi dalam menunjang kinerja dari aparatur negara, khususnya di Kaltim.

“Kondisi global saat ini adalah era digital. Teknologi informasi merupakan sebuah keharusan yang tidak terhindarkan ditambah lagi dengan masa pandemi saat ini. Berkaitan dengan hal tersebut, maka aparatur dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi,” ujar Diddy Rusdiansyah.

Diddy Rusdiansyah menambahkan, pembangunan SDM pada era sekarang diarahkan agar mampu beradaptasi terhadap perubahan global yang sangat dinamis. SDM aparatur dituntut untuk memahami teknologi.

Menurut Diddy Rusdiansyah, kunci sukses dalam berkerja untuk saat ini adalah kolaborasi/ kerjasama dan interkoneksitas. Karena itu, aparatur negara dituntut untuk berpikir kreatif melalui team work sehingga melalui teamwork yang baik bisa memunculkan ide-ide kreatif.

Ide kreatif itu,menurut Diddy Rusdiansyah, mampu tercetus salah satunya melalui masukan dan informasi ari jaringan kerja. Karena itu, jaringan kerja yang ditunjang oleh teknologi dapat membantu pengembangan diri dan kreativitas.

“Ide kreatif datang dari banyaknya menerima masukan dan informasi. Informasi yang diterima dapat ditentukan dari jaringan kinerja. Apabila gaptek, kita bisa teringgal,” ujar Diddy Rusdiansyah.

Diddy Rusdiansyah menegaskan bahwa kunci keberhasilan perangkat daerah terletak pada kualitas sumber daya manusia yang akan berperan sebagai penggerak utama yang mampu berfikir kreatif.

“Kunci keberhasilan perangkat daerah terletak pada kualitas sumber daya manusia yang akan berperan sebagai penggerak utama yang mampu berfikir kreatif. Oleh karena itu sebagai pemimpin ditempat kerja jangan pernah berhenti untuk berkreasi,” ujar Diddy Rusdiansyah. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com