Clicky

Selasa, 26 Januari 2021

Polda Kaltim Review Kinerja Tahun 2020

KLIKSAMARINDA – Kepolisian Daerah atau Polda Kalimantan Timur menggelar konferensi pers akhir tahun 2020 di Ruang Mahakam Polda Kaltim, Balikpapan dan diikuti sejumlah awak media secara virtual dari pelbaga penjuru Kaltim, Selasa 29 Desember 2020 pukul 10.00 WITA. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltim, Irjen Pol. Drs. Herry Rudolf Nahak, M.Si., didampingi Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol Drs. Irlan, S.H, Irwasda Polda Kaltim, Kombes Pol. Jefri Yanus Endolemba Torunde, S.I.K., Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H, dan pejabat utama Polda Kaltim.

Dalam konferensi pers ini, Polda Kaltim membeberkan hasil pencapaian kinerja dan penyelesaian sejumlah kasus yang ditangani seluruh Polresta per wilayah. Kapolda mengapreasi rekrutmen Polri di Tahun 2020 yang mengalami kenaikan baik Akpol, Bintara Polri, Bintara Khusus, Bintara Rekpro dan Tamtama dibanding tahun sebelumnya.

Kapolda Kaltim juga mengucapkan terima kasih pada insan pers atas kerjasamanya dengan Polri khususnya Polda Kaltim. Ucapan terima kasih juga disampaikan Kapolda pada semua stackholder yang membantu kinerja Polda Kaltim hingga dengan penanganan secara preventif tingkat kejahatan di Wilayah Hukum Kaltim dapat menurun.

Secara keselurahan seluruh siswa sudah mengikuti jalannya Pendidikan, namun di situasi Covid dan terjadi cluster baru di sekolah kepolisian sehingga kebijakan Kapolri kepada seluruh jajaran para siswa dikembalikan ke pihak keluarga namun tetap diawasi oleh SPN Polda Kaltim.

Point of View:  Gubernur Isran Noor Lantik Wakil Bupati Kukar Sisa Masa Jabatan 2016-2021

Selain itu juga Kapolda mengapreasi atas kinerja Polda Kaltim. Tercatat dalam data angka laka lantas dan tindak pidana di wilayah hukum Polda Kaltim mengalami penurunan di banding Tahun 2019.

Berbagai kegiatan operasi telah di laksanakan Polda Kaltim, bahkan sampai saat ini masih berlangsung. Antara lain operasi Ketupat Mahakam, Aman Nusa II, Ops Lilin, Ops Bina Kusuma, Ops Keselamatan, Ops Pekat, Ops Patuh, Ops Antik, Ops Zebra, dan Ops Mantap Praja.

Diawal Tahun 2020, Kapolri memerintahkan kepada seluruh jajaran kepolisian untuk mendukung, membantu sepenuhnya penanganan covid-19 dimana peran TNI-Polri untuk mendisiplinkan masyarakat dalam hal melaksanakan protokol Kesehatan melalui operasi Yustisi.

Selain itu juga Polri melaksanakan operasi kemanusiaan dengan memberikan bantuan berupa bantuan sembako kepada keluarga yang terdampak covid-19 untuk meringakan beban saudara-saudara kita di tengah pandemi covid-19 saat ini.

Polda Kaltim juga dinilai sukses menciptakan Pemilu yang aman, damai dan sejuk.

“Pencapaian itu tentu tidak terlepas dari kontribusi Polri sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama jalannya pemilu Tahun 2020,” ujar Kapolda.

Di pengujung tahun 2020, Polda Kaltim menggelar Operasi Lilin Mahakam sebagai garda utama ciptakan kondisi Natal dan Tahun Baru 2021.

Point of View:  Update Covid-19 Kaltim, 5 Kasus Terkonfirmasi Positif Per 4 Mei 2020

”Pos pelayanan dan pos pengamanan di sejumlah titik strategis, seperti bandara, pelabuhan, terminal dan pusat keramaian sudah kami sebar,” ujar Kapolda

Kapolda mengharapkan, program dan capaian yang sudah dilaksanakan Polda Kaltim sepanjang tahun 2020 diharapkan dapat mewujudkan Polda Kaltim sebagai institusi yang ber-SDM unggul, profesional dalam penegakkan hukum, dan semakin Promoter.

Sementara itu, dalam paparan data perbandingan data GK Per – Satwil 2019 – 2020, perbandingan Tindak Pidana Korupsi (TIPIKOR) 2019 – 2020, perbandingan Tindak Pidana Illegal Mining 2019 – 2020, dan Kasus Aksi Unjuk Rasa tahun 2020.

Dalam data perbandingan GK Per – Satwil tahun 2019. Polresta Samarinda menduduki urutan pertama. Jumlah Crime Total (CT) sebesar 1420, Crime Cleareance (CC) sebesar 1258 dengan total keseluruhan sebesar 88 persen.

Ranking tersebut bertahan pada tahun 2020. Dengan jumlah CT sebesar 1623 dan CC sebesar 1195. Total keseluruhan sebesar 73 persen. Trend tersebut memberikan kenaikan sebesar 14 persen.

Pada data TIPIKOR 2019, Polresta Samarinda menyelamatkan Rp 400 juta uang negara berasal dari 2 CT dan 3 CC di Bawah Perintah. Sedangkan pada tahun 2020, uang negara yang diselamatkan sebesar Rp 100 juta. Rp 100 juta tersebut dari 2 kasus CT.

Beralih ke data tindak pidana Illegal Mining, dalam tahun 2019 Polresta Samarinda memiliki 9 CT dan 2 CC. Namun, di tahun terdapat 1 CT dan 1 CC. Terjadi penurunan sebanyak 88 persen dalam CT dan terdapat penurunan trend CC sebanyak 50 persen.

Point of View:  Mayat Terborgol dan Terlilit Tali Ditemukan Mengambang di Sungai Mahakam

Dalam data jumlah unjuk rasa selama tahun 2020, Polresta Samarinda menangani 61 unjuk rasa yang terdiri dari bidang sosial – budaya sebanyak 58 dan 3 bidang ekonomi. Unjuk Rasa terkait Tolak Undang – Undang Cipta Kerja menjadi salah satu kontribusi jumlah tersebut. Di Samarinda, unjuk rasa tolak UU Omnibus Law ini sebanyak 15 kali.

Sebelumnya. puluhan awak media mengikuti rapid test yang dilaksanakan oleh Bid Dokkes Polda Kaltim. Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana mengatakan pelaksanaan rapid test bagi kawan-kawan media sangatlah penting, mengingat profesi Wartawan dinilai rentan terpapar Covid-19 karena termasuk pekerja lapangan yang kerap berinteraksi dengan banyak orang sehingga penting sekali mengetahui kondisi mereka.

Selain itu, Ade Yaya juga mengimbau wartawan agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Yakni 3M yakni mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan memakai masker saat menjalankan tugas jurnalistik.

”Hanya dengan menjalankan 3M, Covid-19 dapat teratasi. Sebagian besar hasil rapid test wartawan yang sudah keluar, non reaktif,” ucap Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Send us an email to kliksamarinda.com