SPN Polda Kaltim Luluskan 415 Bintara Polri Siap Kawal IKN Nusantara

Polda Kaltim

Kapolda Kaltim, Irejn Pol Imam Sugianto usai acara di SPN Jonggon, Kamis 7 Juli 2022. (Foto: Klik/Pia)

KLIKSAMARINDA – Penerimaan Gelombang I Bintara resmi ditutup Kapolda Kaltim, Irjen Pol Imam Sugianto, Kamis 7 Juli 2022. Kegiatan ini, turut dihadiri Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol Hariyanto, Pejabat Utama Polda Kaltim, para Kapolres, Ka SPN, dan pejabat Sekolah Polisi Negara (SPN).

Penutupan berlangsung di Lapangan SPN Polda Kaltim, Tenggarong, Kutai Kartanegara. Irjen Pol Imam Sugianto tahun ini sebanyak 415 Bintara Polri dinyatakan lulus dengan rincian 175 siswa pengiriman Polda Kaltim dan 240 siswa Kaltara.

“Dari 415 Bintara polri tadi, ada yang kami kumpulkan di depan. Tadi ada 12 orang dari Kalimantan Utara yang orang tuanya tidak bisa hadir,” ungkap Irjen Pol Imam Sugianto.

Upacara pelantikan tersebut ditandai dengan pemberian nilai siswa dan penerapan lencana pangkat Bripda, ijazah, dan kartu pengakuan kepada perwira polisi berprestasi.

“Jadi kita sepakati mudah-mudahan bisa segera berkumpul bersama keluarganya. 5 bulan kita didik di SPN di Jonggon ini. Alhamdulillah dengan segala keterbatasan fasilitas yang ada 5 bulan dipimpin oleh Danu kita bisa menyelesaikan pendidikan selama 5 bulan,” ujar Irjen Pol Imam Sugianto.

Polda Kaltim rencananya di akhir Juli akan membuka pendidikan tahap ke II. Jumlah kurang lebih 238 dari Kaltim dan 204 dari Kaltara.

“Alhamdulillah ada peningkatan kapasitas,” ujar Irjen Pol Imam Sugianto.

Menurut Irjen Pol Imam Sugianto, peningkatan kapasitas itu merupakan keputusan Mabes Polri. Hal itu terutama berkaitan dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara atau IKN.

“Jadi 2024 IKN di sini jadi pindah, personil polisi tidak usah menggeser dari luar pulau lagi. Insyaallah dari putra daerah sini sudah memenuhi baik Mabes Polri maupun Polda Kaltim,” ujar Irjen Pol Imam Sugianto.

Informasi lainnya, SPN Polda Kaltim juga menerima dari 29 SPN lain. Jumlahnya mencapai 390 personil dari 29 SPN dari Aceh sampe Papua.

“Itu nanti akan ditempatkan di SPN Polda Kaltim Tenggarong Kukar. Jadi seluruh Indonesia akan ditempatkan di sana,” ujar Irjen Pol Imam Sugianto.

Penambahan personil tersebut nantinya akan memperkuat jajaran Polda Kaltim sekaligus persiapan pemindahan Mabes Polri ke Kaltim.

“Jadi nanti kalo ambil personil polri tidak usah dari luar pulau lagi. Nanti kita akan sebar di 9 polres yang tahun depan mau kita bangun polres 1 baru lagi,” Irjen Pol Imam Sugianto.

Pada Rabu 6 Juli 2022, jajaran Polri juga telah menggelar rapat di Kementrian PUPR. Sejauh ini progres pembangunan IKN itu bulan Juli-Agustus ini sudah mulai bergerak.

Menurut Irjen Pol Imam Sugianto, Polda Kaltim tentunya mendapatkan tugas untuk mengawal keberlanjutan dan keberlangsungan serta keamanan.

Pengawalan jajaran kepolisian pun akan melingkupi pasokan logistik, profil logistik, material dan pelabuhan yang akan menjadi tempat untuk bongkar termasuk perjalanannya menuju ke kawasan pembangunan itu.

“Kita pastikan untuk kita kawal, kita amankan,” ujar Irjen Pol Imam Sugianto.

Irjen Pol Imam Sugianto mengimbau masyarakat Kaltim agar tidak menimbulkan gangguan terhadap rencana pemindahan IKN. Terutama kelompok masyarakat yang mencoba mengambil peran keamanan dalam tempat atau lahan dalam pelabuhan yang logistik untuk IKN Nusantara.

“Mohon serahkan kepada keamanan yang berwenang. Kami mengimbau kepada teman-teman yang bergabung dalam ormas, serahkan semua kepada petugas keamanan yang berwenang. Supaya nama Kalimantan Timur ini tidak tercederai dengan kegiatan-kegiatan yang akan mengganggu keamanan masalah distribusi logistik,” ujar Irjen Pol Imam Sugianto. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status