Clicky

Mahasiswa Demo Pemkot Samarinda

KLIKSAMARINDA – Forum Aliansi Perempuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia (SI) Wilayah Kaltimselsul dan Forum Perempuan Mulawarman menggelar aksi damai, Senin 2 Agustus 2021. Forum ini meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda agar menyikapi keberadaan anak jalanan atau anjal.

Forum Aliansi Perempuan terdiri dari gabungan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Universitas Mulawarman (Unmul), Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT) dan Politeknik Negeri Samarinda (Polnes), mereka mendatangi Kantor Balai Kota Samarinda.

Koordinator Aliansi Forum Perempuan, Mutiara Rahma menyatakan, ada empat tuntutan yang ingin kami sampaikan kepada Pemkot Samarinda

“Pertama, mendorong Pemkot Samarinda menyediakan wadah bagi anak jalanan. Kedua, menuntut Pemkot Samarinda melakukan sosialisasi turun ke jalan mengarahkan anak jalanan terhadap pentingnya pendidikan,” ujar Mutiara Rahma.

Mutiara Rahma menyatakan tuntutan ketiga, yaitu agar Pemkot segera menindaklanjuti dan memberikan sanksi tegas kepada oknum yang mempekerjakan anak di jalanan. Terakhir Pemkot Samarinda menjamin fasilitas kesehatan terhadap anak jalanan agar terjaga dari Covid-19.

Wali Kota Samarinda Andi Harun menyambut baik semua tuntutan mahaiwa. Menurut Wali Kota Andi Harun, pihaknya akan menindaklanjuti dan menerima tuntutan tersebut karena semua warga memiliki akses yang sama untuk mendapatkan pelayanan dari pemerintah.

Termasuk akses untuk layanan pendidikan dan kesehatan yang sudah pasti harus diberikan secara merata tanpa memandang perbedaan dan status sosial.

“Terkait tuntutan pertama para mahasiswa adalah meminta kepada Pemkot Samarinda untuk dapat memberikan wadah bagi anjal untuk memperoleh pendidikan. Pemkot setuju dan menerima tuntutan ini. Kami terus melakukan pendataan bersama sejumlah OPD terkait seperti Dinas Sosial, Satpol PP, dan Dinas Pendidikan sehingga semuanya bisa diperhatikan di bidang pendidikan,” ujar Wali Kota Andi Harun di Balai Kota didampingi segenap pejabat lainnya. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com