News

Warga Harapkan IPA Bengkuring Samarinda Bisa Perlancar Distribusi Air

KLIKSAMARINDA – Wajah penuh kegembiraan terpancar dari warga Perumahan Bengkuring ketika melihat mobil rombongan Gubernur Kaltim, Isran Noor, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, tiba di lokasi peresmian IPA Bengkuring Samarinda.

Rombongan para pejabat tiba di Jalan Pakis Merah, Bengkuring Raya, Nomor 3, Kecamatan Samarinda Utara, Senin 30 Mei 2022, tempat peresmian IPA Bengkuring.

Seorang warga Jalan Terong Pipit Perumahan Bengkuring, Yudi, mengaku sangat senang dengan peresmian IPA Bengkuring oleh Gubernur Kaltim.

Yudi menyatakan dirinya berharap agar operasional IPA Bengkuring oleh Gubernur Kaltim ini mampu mengatasi krisis air warga Samarinda, khususnya di wilayah Bengkuring, Samarinda Utara.

“Ya, harapannya distribusi air di Perumahan Bengkuring bisa lancar. Karena saat ini, air baru mengalir dua hari sekali. Itu pun bergiliran,” ujar Yudi ketika ditemui sebelum seremoni peresmian IPA Bengkuring berlangsung.

Dari keterangan Direktur Teknik Perumdam Tirta Kencana Samarinda, Ali Rachman, IPA Bengkuring II ini berkapasitas 60 liter/detik. Namun, saat ini IPA Bengkuring II ini masih dijalankan 45 liter/detik.

Pasalnya, operasional optimal IPA Bengkuring II masih menunggu kedatangan pompa intake yang dipesan oleh Dinas PUPR Pera Kaltim.

“Jika datang bulan depan nanti, langsung kita pakai sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa kami maksimalkan. Sehingga masyarakat tidak kesulitan air bersih lagi,” ujar Ali Rachman.

Ali Rachman menambahkan, IPA Bengkuring ini memiliki kapasitas untuk melayani 12 ribu sambungan rumah tangga. Sementara yang ada saat ini baru mengcover sebanyak 9 ribu sambungan rumah tangga.

Artinya, menurut Ali Rachman, masih ada kelebihan 3.000 sambungan baru lagi.

“Jadi, masih ada surplus 3000 sambungan baru lagi yang bisa dimaksimalkan untuk masyarakat. Bahan baku air bersih yang tersedia juga cukup banyak karena dari Sungai Karang Mumus,” ujar Ali Rachman.

Ali Rachman juga menegaskan, tujuan pembangunan IPA Bengkuring II ini dalam upaya mengatasi krisis air bersih di wilayah sekitar.

“Yang terpenting adalah suplai air di wilayah Samarinda Utara tidak bergilir lagi,” tegas Ali.

Sebelumnya, Gubernur Kaltim, Isran Noor, meresmikan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bengkuring 2 pada Senin pagi, 30 Mei 2022.

Pembangunan IPA Bengkuring II yang terletak di Kawasan Bengkuring itu menggunakan anggaran Rp9,4 miliar dari Pemerintah Provinsi Kaltim. (Pia).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
DMCA.com Protection Status