Clicky

Polisi Samarinda Bantu Warga Atasi Dampak Hujan Deras

KLIKSAMARINDA – Personil Polresta Samarinda membantu korban terdampak hujan deras di wilayah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu 12 September 2021. Tak hanya mengevakuasi warga terdampak banjir, aparat kepolisian juga turut membersihkan pohon tumbang dan genangan lumpur di sekitar pemukiman warga.

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman menerangkan, terdapat beberapa lokasi di wilayah Kota Samarinda yang terendam banjir cukup parah. Banyak rumah warga yang terendam banjir dan banyak pengendara yang tidak bisa melanjutkan perjalanan karena akses jalan terendam banjir.

“Pada hari ini ada beberapa titik lokasi dan jalan di wilayah kota Samarinda terendam banjir yang diakibatkan oleh curah hujan yang tak kunjung menurun sejak tadi pagi. Debit air terus meninggi sehingga personel Polresta Samarinda melakukan penyisiran ke lokasi banjir untuk membantu warga yang terdampak banjir,” ujar Kombes Pol Arif Budiman melalui keterangannya, Minggu 12 September 2021.

Kombes Pol Arif Budiman memastikan personilnya akan terus disiagakan di lokasi bencana dan fokus membantu proses evakuasi warga yang bersedia mengungsi ke tempat lebih aman.

“Selain menerjunkan sejumlah personil yang disiagakan di lokasi banjir kami juga mendirikan tenda pantau yang dapat digunakan untuk mengevakuasi masyarakat atau pengendara yang tidak dapat melanjutkan perjalanan nya karena banjir yang cukup dalam” ujar Kombes Pol Arif Budiman.

Di Wilayah Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Sungai Pinang, tepatnya di Jalan Merdeka 5, RT 94, genangan air yang melintas dan sempat menggenangi jalan masuk pemukiman warga membawa lumpur dan menjadi pekerjaan rumah bagi warga setempat.

Anggota Bhabinkamtibmas Sungai Pinang Dalam, Aipda Subaji yang melaksanakan Patroli Kamtibmas memonitoring wilayahnya yang terdampak banjir hadir membantu warga. Aipda Subaji turut bersama warga membersihkan sisa lumpur yang sebelumnya dibawa oleh genangan air dengan menggunakan sekop.

“Alhamdulillah kami cukup terbantu dan merasa diperhatikan oleh Aipda Subaji sebagai Bhabinkamtibmas kami di Kelurahan Supida. Beliau ringan tangan untuk segera membantu kami membersihkan lumpur yang menutupi jalan masuk pemukiman,” ujar warga bernama Parmin.

Aparat Polresta Samarinda juga turut berjibaku bersama warga dan relawan mengevakuasi pohon tumbang yang menutupi badan jalan di Jalan Rapak Indah, Kecamatan Sungai Kunjang. Di lokasi, tampak personil Sat Samapta Polresta Samarinda membantu beberapa warga yang ikut mengevakuasi pohon tumbang.

Kasi Humas Polresta Samarinda, AKP Annisa, mengatakan pohon tersebut tumbang akibat terpaan hujan deras sejak dini hari.

“Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut, namun pohon tumbang menutup sebagian jalan dan memerlukan evakuasi agar tidak mengganggu arus lalu lintas,” ujar AKP Annisa.

Aparat berhasil menyingkirkan pohon dari badan jalan dan jalan tersebut kembali dilintasi kendaraan dengan normal.

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com