Kompaknya TNI Polri di Sidodamai Samarinda Mediasi Masalah Warga

Proses mediasi warga Sidodamai oleh anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa, Jumat 5 Agustus 2022. (Foto: Dok)

KLIKSAMARINDAKerja sama dan kekompakan ditunjukkan oleh jajaran TNI dan Polri di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) dalam menyelesaikan masalah warga.

Seperti yang terlihat saat anggota TNI POLRI Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Kelurahan Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir, Wilayah hukum Polsek Samarinda Kota melakukan problem solving masalah warga, Jumat 5 Agustus 2022.

Adalah Bripka Aspianur bersinergi dengan Babinsa Sertu Joko Proseno melakukan penyelesaian masalah kesalahpahaman antar warga Sidodamai. Kedua aparat ini menggunakan metode Problem Solving dalam menyelesaikan permasalahan warga tersebut.

Problem solving itu dilakukan kedua aparat lantaran adanya laporan warga terkait aktivitas minum minuman keras di sekitar Jalan Jelawat, Samarinda. Aktivitas itu membuat resah warga sekitar.

Atas laporan tersebut, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Sidodamai menuju lokasi dan mengamankan 4 orang. Empat orang warga tersebut kemudian dibawa ke Mako Polsek Samarinda Kota untuk menjalani pembinaan dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Di Mako Polsekta Samarinda, aparat juga mendengarkan permasalahan yang dihadapi agar dapat segera melakukan mediasi.

Bhabinkamtibmas dan Babinsa juga memberikan nasehat dan pembinaan serta akan terus mengawasi kembali aktivitas warga agar selalu kondusif.

Di Mako Polsek Samarinda kota, para warga yang menyebabkan keresahan telah membuat surat wajib lapor dan surat pernyataan agar tidak akan mengulangi perbuatan serupa.

“Kegiatan problem solving ini bertujuan untuk memfasilisitasi warga untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat agar tidak berlarut-larut. Selanjutnya semua yang telah diamankan kemudian dipulangkan. Situasi berjalan aman dan lancar,” ujar Bripka Aspanur menjelaskan melalui keterangan tertulis, Jumat 5 Agustus 2022.

Secara terpisah, Kapolsek Samarinda Kota, AKP Jajat Sudrajat, mengapresiasi upaya personilnya dalam meredam konflik antar warganya.

“Kita mengedepankan peran Bhabhinkamtibmas bersinergi dengan Babinsa yang terlebih dahulu untuk melakukan upaya pencegahan salah satunya dengan melakukan problem solving yang dapat dijadikan jurus untuk penyelesaian masalah yang dihadapi oleh warga binaannya,” ujar AKP Jajat Sudrajat. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status