Peringatan HUT RI Ke-77 di Kaltim Maknai Pemindahan IKN

KLIKSAMARINDA – Pada perayaan 17 Agustus, DPRD Kaltim memaknai HUT RI ke-77 berkaitan dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Seperti disampaikan Gubernur Kaltim, Isran Noor saat memimpin Upacara Detik-Detik Proklamasi dalam rangka HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion Gelora Kadrie Oening Sempaja, Samarinda, Rabu 17 Agustus 2022.

Pembacaan teks proklamasi dilakukan Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK, dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin Inspektur Upacara Gubernur Isran Noor.

Saat ini, Kalimantan Timur mendapatkan amanah untuk mengembangkan ibu kota negara. Tentu saja Kaltim sudah harus berbenah.

Dalam hal ini bagaimana tata kelola pemerintahannya, bagaimana kecantikan wilayahnya pariwisatanya.

Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji mengatakan, di tahun depan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Isran Noor dan Hadi Mulyadi, sudah purnatugas. Ini menjadi tahun terakhir bagi keduanya dalam menjalankan amanah pemimpin Kaltim.

“Kita harus dorong agar Kaltim berdaulat menjadi kenyataan,” ujar Seno Aji saat ditemui di Gelora Kadrie Oening, Samarinda, Rabu 17 Agustus 2022.

Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK juga mengatakan semua berbangga bisa mengisi kemerdekaan. Mahmur HAKP berharap agar apa yang telah dilakukan pendahulu, yaitu semangat untuk mengisi kemerdekaan, adalah mengisi kemerdekaan dengan kebersamaan dan semangat persatuan.

“Mudah-mudahan kita menyelenggarakan pemerintahan saat ini terinspirasi dari apa yang pendahulu kita. Bukan sekadar memperingati saja, tetapi kita kembali melihat ke belakang, masa sebelum merdeka, bagaimana semangat yang melekat pada penduhulu kita yang tidak mengenal lelah. Harta benda, tenaga, bahkan semua yang dimiliki demi kemerdekaan dikorbankan. Itulah harapan kita yang menjadi penyemangat bagi kita sekarang,” ujar Makmur HAPK.

Upacara detik-detik dihadiri Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto dan jajaran Forkopimda Kaltim, Pj Sekda Prov Kaltim Riza Indra Riadi, Wali Kota Samarinda Andi Harun, pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim dan pimpinan instansi vertikal/kementerian/lembaga, pimpinan perguruan tinggi, anggota legislatif, tokoh masyarakat dan pemuda, tokoh wanita serta legiun veteran. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status