Makna Untuk Generasi Muda Jelang 17 Agustus, Renungan Suci di TMP Kesuma Bangsa Samarinda

Apel kehormatan dan Renungan Suci Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Hari HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, berlangsung Rabu dinihari, 17 Agustus 2022, pukul 00:00 WITA. (Foto: Pia/Klik)

KLIKSAMARINDA – Apel kehormatan dan Renungan Suci Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Hari HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, berlangsung Rabu dinihari, 17 Agustus 2022, pukul 00:00 WITA.

Apel kehormatan dan Renungan Suci ini berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa, Samarinda, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan pengorbanan para pahlawan kemerdekaan terhadap bangsa dan negara Indonesia.

Apel kehormatan dan Renungan Suci ini langsung dihadiri Gubernur Kaltim Isran Noor, Wali Kota Samarinda Andi Harun, Wakil Wali Kota Rusmadi, Mayjen TNI Tri Budi Utomo, para veteran, dan anggota TNI/Polri.

“Malam ini kita mengadakan kegiatan renungan suci khususnya untuk mengenang jasa-jasa parah pahlawan agar kita tidak lupa akan jasa-jasa beliau dan pengorbanan beliau terhadap bangsa dan negara ini. Kita sebagai generasi penerus hanya bisa melanjutkan apa yang di cita-citakan beliau sehingga tetap berdiri tegak persatuan Republik Indonesia yang kita cita-citakan,” ujar Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Wali Kota Samarinda Andi Harun juga mengatakan apel kehormatan dan renungan suci merupakan tradisi setiap HUT kemerdekaan. Wali Kota Andi Harun menyatakan, semua dimaksudkan agar semua pihak memiliki empati tidak terputus dengan sejarah.

“Apa yang kita nikmati hari ini Indonesia merdeka itu karena perjuangan para pahlawan. Sehingga jasa para pahlawan harus kita kenang agar kita semua mengisi pembangunan di era kemerdekaan dengan sungguh-sungguh, dengan penuh kejujuran, dengan penuh pengabdian, serta pengorbanan yang tinggi bangsa dan negara,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Momentum Apel kehormatan dan Renungan Suci menurut Wali Kota Adi Harun juga mengingatkan semua pihak agar tidak berkhianat atas perjuangan pendahulu pendiri bangsa maupun berkhianat cita-cita dari mereka.

“Penting bagi setiap pemuda menanamkan jiwa patriot, jiwa cinta yang mendalam dengan penjiwaan yang sangat tinggi terhadap bangsa dan negara ini. Karena pada akhirnya mereka semua yang menjadi generasi penerus masa depan republik Indonesia ada di tangan anak muda,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Wali Kota Andi Harun mengharapkan para pemuda agar tumbuh menjadi para pemuda yang berkarakter tinggi dan memiliki jiwa patriotisme cinta tanah air yang tumbuh dari penghayatan atas betapa tidak mudahnya Indonesia yang dinikmati hari ini diraih dengan pengorbanan jiwa dan raga dan seluruh pengorbanan lain.

“Sehingga sekali-kali kita tidak boleh mengkhianati sejarah dan menghianatin perjuangan bangsa dan negara. Saya memaknai kemerdekaan terus ingin melihat Indonesia ini yang berkomitmen tinggi terhadap kemajuan kesejahteraan rakyat,” ujar Wali Kota Andi Harun.

Selaku pejabat daerah Wali Kota Andi Harun memaknai kemerdekaan dengan berusaha menjalankan amanah sebaik-baiknya.

“Karena ketika setiap insan para pejabat melakukan sesuatu yang bertentangan dengan nilai-nilai perjuangan para pejuang bangsa kita, maka di saat itulah kita menjadi penghianat dari bangsa dan negara ini,” ujar Wali Kota Andi Harun. (Pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status