Clicky

Budisatrio Djiwandono Dukung Ketahanan Lingkungan Hidup di RUU IKN

KLIKSAMARINDA – Anggota Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN), Budisatrio Djiwandono, bersilaturahmi dengan masyarakat Kalimantan Timur (Kaltim), Senin 20 Desember 2021 kemarin. Budisatrio Djiwandono melakukan serap aspirasi di Hotel Mercure Samarinda.

Diketahui Budisatrio Djiwandono merupakan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi Gerindra Dapil Kaltim.

Budisatrio Djiwandono memberikan perhatian khusus dalam pertemuan itu terhadap ketahanan lingkungan hidup. Menurut Budisatrio Djiwandono, ketahanan lingkungan penting untuk diperhatikan dalam pembangunan IKN baru.

“Ke depan kita akan membahas masalah ketahanan lingkungan hidup. Ini yang kami mencoba mengajak pansus dan mitra kerja pemerintah untuk memperhatikan benar-benar permasalahan kelestarian alam yang ada.

Budisatrio Djiwandono menyatakan bahwa persoalan lingkungan hidup di Kaltim adalah bencana alam. Antara lain menghadapi banjir.

Budisatrio Djiwandono mengakui hutan di Kaltim telah mengalami kerusakan dan terdegradasi.

“Sistem penyangga kehidupan seperti hutan ini dengan fungsi-fungsinya menyerap karbon dan menyimpan air sudah berkurang,” ujar Budisatrio Djiwandono.

Terkait RUU IKN, Budisatrio Djiwandono akan mendorong agar anggota Pansus IKN memberikan perhatian terhadap norma-norma lingkungan hidup. Apalagi di Kaltim yang memerlukan perbaikan lingkungan hidup komprehensif.

Sebelumnya pemerintah telah menentukan lokasi pembangunan IKN di kawasan Bukit Soeharto, Kalimantan Timur (Kaltim). Area IKN itu masuk ke dalam 2 wilayah administratif, yaitu Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). (Jie)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com