HUT RI Ke-77 Pemuda Samarinda Bentangkan Bendera Merah Putih di Jalan Raya

bendera merah putih

Pembentangan bendera merah putih di Simpang Empat Jalan S Parman Samarinda, 17 Agustus 2022. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA – Puluhan pemuda dan mahasiswa di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), membentangkan bendera merah putih raksasa, Rabu 17 Agustus 2022. Pembentangan bendera merah putih ini berlangsung di Simpang Empat Jalan S Parman.

Bendera merah putih berukuran 15 x 25 meter itu dibentangkan menandai peristiwa detik-detik Proklamasi pukul 10.17 WITA. Terdengar iringan suara sirine dari 17 mobil pemadam kebakaran yang ada di pusat kota Samarinda.

Usai bunyi sirine, Kasat Lantas Polresta Samarinda, Kompol Creato Sonitehe Gulo, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kompol Creato Sonitehe Gulo memimpin penghormatan kepada bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Seluruh masyarakat, aparat kepolisian, relawan, dan seluruh warga Kota Tepian yang ada di lokasi termasuk para pengemudi roda dua dan empat yang ada di lokasi turut menghormati pembentangan bendera merah putih.

Jalannya upacara bendera spontan yang dilakukan warga Samarinda ini menjadi momen yang tidak terlupakan. Masyarakat ikut mengabadikan momen langka ini melalui telepon seluler.

Beberapa warga terlihat memanfaatkan momen tersebut untuk memperkenalkan anak-anak mereka dengan petugas kepolisian. Kompol Creato Sonitehe Gulo juga dengan sukarela melayani permintaan foto oleh warga, termasuk anak-anak di lokasi upacara.

Menurut Kompol Creato Sonitehe Gulo, upacara bendera yang dilakukan oleh masyarakat ini merupakan momen bersejarah. Masyarakat tidak bisa mengikuti pelaksanaan upacara bendera yang dilakukan Wali Kota Samarinda dan Gubernur Kaltim karena pembatasan.

Mereka pun berinsiatif melakukan upacara di Simpang Empat S. Parman. Lokasi ini merupakan pusat kota.

Kompol Creato Sonitehe Gulo menambahkan, upacara ini menunjukkan rasa nasionalis warga Samarinda. Kompol Creato Sonitehe Gulo sempat meminta maaf kepada para pengguna jalan yang sempat berhenti saat peringatan detik-detik Proklamasi.

“Tentunya dengan kegiatan seperti ini kita bisa lebih mempererat ikatan kesatuan dan persatuan dari semua elemen masyarakat)

Peringatan detik-detik Proklamasi di Simpang Empat Jalan S Parman Samarinda memberikan rasa bangga bagi sejumlah pengguna kendaraan di sekitarnya. Beberapa warga bahkan antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Heni, seorang warga Jalan Kadrie Oening sengaja datang ke Jalan S Parman untuk mengikuti peringatan detik-detik Proklamasi.

Heni mengaku bangga bisa melihat kemeriahan perayaan Kemerdekaan RI. Perayaan ini tidak hanya dilakukan dengan lomba-lomba di kampung.

Namun masyarakat juga bisa ikut merasakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi meski hanya di jalan raya.

“Mau ke sini memang. Mudah-mudahan negara bisa lebih maju, lebih damai, dan lebih bahagia,” ujar Heni.

Usai menyanyikan lagu Indonesia Raya, aktivitas lalu lintas di Jalan S Parman kembali normal. (Suriyatman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status