Jemaat Gereja Paroki Santo Lukas Samarinda Upacara HUT RI di Halaman Gereja

KLIKSAMARINDA – Jemaat Gereja Paroki Santo Lukas menjalankan tugas untuk mengibarkan bendera merah putih di halaman gereja, Rabu 17 Agustus 2022. Mereka mengenakan pakaian putih berlangkah tegap seperti petugas pengibar bendera yang bertugas di Istana Merdeka.

Pasukan pengibar bendera merah putih di halaman gereja ini terlihat kompak menjalankan tugas dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77. Upacara yang berlangsung di halaman Gereja Santo Lukas ini dipimpin Pastor Paroki Gereja Santo Lukas, Petrus Prilion.

Petrus Prilion mengenakan balutan pakaiaan putih ddengan menggunakan topi khas masyarakat Dayak. Dalam sambuta, Petrus Prilion mengatakan, semoga semangat kemerdekaan tetap hidup di dalam jemaat dan rakyat Indonesia melalui peringatan HUT ke-77 RI.

Petrus Prilion juga mengatakan, jemaat maupun masyarakat harus bersama-sama tanpa pandang bulu berkontribusi memajukan negeri dan lebih menghayati perjuangan para pahlawan dari beragam suku merebut kemerdekaan.

Merayakan kemerdekaan ini untuk menjaga dan merawat kebhinekaan dan merawat toleransi. Artinya menghargai dan menghormati. Itulah tujuan kami untuk merayakan 17 Agustus tahun ini yaitu tahun ke-77,” ujar Petrus Prilion.

Peringatan HUT RI ke-77 yang dilaksanakan di halaman Gereja Katolik Santo Lukas merupakan satu kebanggaan dan bisa terlaksana dengan baik setelah 3 tahun pandemi covid 19.

Pastor Sumardi mengatakan, generasi muda agar lebih sungguh-sunguh dan menjadi lebih hebat lagi dalam mengisi upacara peringatan Kemerdekaan RI.

“Ya diharapkan setiap negara kita ini damai bahagia penuh suka cita. Para pemimpinnya cukup mempedulikan rakyatnya, termasuk juga dalam memimpin acara. Bagaimana mendekatkan hati dengan yang dikasih satu dengan yang lain. Kita sudah mempunyai contoh terutama para pahlawan yang rela untuk menyerahkan nayawanya tanpa memikirkan dirinya tapi bagaiana generasi ke depan itu,” ujar Pastor Sumardi. (Suriyatman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status