KLIKSAMARINDA | Pegawai di Lingkup BKD Kaltim Jalani Swab Test Massal
Provinsi Kaltim

Pegawai di Lingkup BKD Kaltim Jalani Swab Test Massal

KLIKSAMARINDA – Pegawai PNS dan non-PNS di lingkup Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengikuti tes Swab melalui mobil PCR Lab milik Dinas Kesehatan Kaltim, Selasa 8 September 2020. Pengambilan sampel swab ini dilakukan di parkiran basement Gedung BKD Provinsi Kaltim, Jalan. M. Yamin, Nomor 1 Samarinda.

Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Dinkes Kaltim, M. Maulana Fahmi mengemukakan tujuan swab massal yang dilakukan di PD Pemprov Kaltim ini untuk mendeteksi sedini mungkin potensi penularan Covid-19 di lingkup pemerintahan, khususnya di area perkantoran. Deteksi dini terutama terhadap para karyawan di dalam suatu instansi.

Jika ada karyawan yang terkonfirmasi positif Covid maka agar secepatnya melakukan isolasi mandiri guna memutus rantai penyebaran virus. Mengingat, kasus Covid-19 di wilayah Kaltim terus meningkat, maka Pemprov melalui Dinas Kesehatan Kaltim melakukan tes Swab massal dari kantor ke kantor di lingkungan Dinas Perkantoran Perangkat Daerah (PD) Prov Kaltim.

Dalam laporan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim per 7 September 2020, tercatat kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kaltim telah mencapai angka total 5.181 kasus. Sementara kasus meninggal dunia telah mencapai angka total 217 kasus.

Karena itu, upaya massif untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 terus diupayakan Dinkes Kaltim beserta seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kaltim.

“Rencana ini semua dinas sudah kita jadwalkan. Insyaallah sampai dengan tanggal 22 Oktober nanti. Hari pertama kemarin kita laksanakan di Dinkes sendiri. Hari ini BKD yang kedua. Besok rencana kita di kantor Gubernur,” ujar Maulana Fahmi.

Kepala BKD Kaltim, Diddy Rusdiansyah mengakui saat ini pemerintah melalui Dinkes Kaltim telah melakukan kemajuan besar dalam menangani pandemi Covid-19. Diddy Rusdiansyah berharap melalui tes swab (mobile PCR) ini dapat menjangkau masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu terlalu khawatir lagi karena sudah tercover untuk penanganan penyebaran virus Covid-19.

Kepala BKD Kaltim, Diddy Rusdiansyah saat mengikuti swab test massal di Kantor BKD Kaltim, Selasa 8 September 2020 (Foto: Ren)

‚ÄúDengan angka penyebaran Covid-19 yang signifikan, melalui program ini kita sebagai masyarakat sangat terbantu karena sudah dicover pemerintah. Semoga ke depan, program ini bisa terus berjalan termasuk kepada masyarakat umum khususnya di Samarinda, Kaltim. Itu yang terpenting. Kami ucapkan terima kasih untuk Dinkes yang telah memfasilitasi tes Swab. Mudahan ini sukses,” ujar Diddy Rusdiansyah.

Hal senada disampaikan oleh Sekretaris BKD Prov Kaltim, Nina Dewi. Menurut Nina Dewi, pihaknya mendukung adanya upaya deteksni dini kasus Covid-19 di lingkungan PNS, terutama di BKD Kaltim. Nina Dewi berharap upaya tersebut dapat segera mempercepat proses pengendalian penyebaran Covid-19 sekaligus berharap agar penyakit Covid-19 segara hilang.

“kami memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Dinkes yang telah memfasilitasi tes swab bagi seluruh pegawai baik PNS maupun non PNS di BKD Prov Kaltim. Semoga hasilnya nanti semua negatif,” ujar Nina Dewi. (*)

DMCA.com Protection Status