Clicky

Kesal Banjir Terus, Warga Samarinda Minta DPRD Bentuk Pansus Agar Serius

KLIKSAMARINDAWarga Kelurahan Sidodamai, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Kalimantan Timur mengadukan persoalan banjir di Jalan Damai, Kelurahan Sidodamai. Keluhan itu disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan jajaran Komisi III DPRD Kota Samarinda Selasa, 16 November 2021.

Dalam RDP yang dipimpin langsung Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani tersebut, warga Sidodamai juga menyampaikan masalah kemacetan yang kerap terjadi di sekitar Pasar Sungai Dama. Tampak hadir anggota Komisi III DPRD Samarinda lainnya, yaitu Jasno, Guntur, Samri Shaputra, Sutrino, Anhar, dan Celni Pita Sari.

Menurut perwakilan tokoh pemuda Sidodamai, Rahmat Yudi, kedua persoalan itu telah berlangsung cukup lama. Namun, persoalan banjir dan kemacetan tak pernah terselesaikan hingga saat ini.

Warga mencatat, imbuh Rahmat Yudi, sejak tahun 2009, persoalan banjir mulai terjadi. Beberapa kali warga telah menyampaikan usulan agar banjir dapat diatasi oleh pemerintah.

Usulan serta keluhan itu telah disampaikan warga melalui pelbagai saluran. Antara lain, ketika anggota DPRD baik tingkat Provinsi maupun tingkat kota, melakukan reses maupun ketika Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Namun, hingga 12 tahun kemudian, banjir selalu datang kembali. Jika persoalan berlarut-larut, warga mengusulkan DPRD Samarinda agar membentuk Pansus.

“Khusus banjir di Jalan Damai, durasi hujan 3 menit-1 jam genangannya luar biasa. Apa yang menjadi aspirasi kami, jangan sampai hanya di sini saja. Kalau perlu, DPRD Samarinda bentuk Pansus agar lebih serius. Jangan sampai hanya wacana saja,” ujar Rahmat Yudi.

Rahmat Yudi juga menyampaikan kekecewaannya terhadap para legislator dari Dapil Samarinda Ilir yang tak hadir dalam RDP itu. Padahal, di Dapil Samarinda Ilir, ada 9 perwakilan rakyat yang terpilih menjadi anggota DPRD Samarinda. Pada RDP tersebut, Rahmat Yudi menyayangkan ketidakhadiran anggota DPRD Samarinda dari Dapil I Samarinda Ilir.

“Walau pun ini ranah Komisi III, tapi alangkah baiknya RDP hari ini dihadiri juga anggota dewan Dapil I. Ke mana mereka. Padahal kami ingin menyampaikan aspirasi kepada wakil rakyat kami. Mereka dipilih oleh warga kami. Ada 9 anggota dewan perwakilan kami. Mana tugas dan fungsinya,” ujar Rahmat Yudi.

Angkasa Jaya Djoerani menyatakan pihaknya menerima aspirasi warga dan akan menelaah aspirasi tersebut untuk mencari solusi atas masalah penanganan banjir dan kemacetan di Sidodamai.

“Kami terima aspirasi warga Sidodamai ini,” ujar Angkasa Jaya Djoerani usai menerima dokumen dan berkas dari perwakilan warga. (*)

DMCA.com Protection Status
error: Maaf Konten Diproteksi oleh Sistem !! Sila hubungi redaksi melalui email kliksamarinda.@gmail.com