Usulan Dewan, Pemkot Perlu Terbitkan Perda Untuk Atur Pertamini

Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Angkasa Jaya

KLIKSAMARINDAPertamini atau pom mini makin merebak di Samarinda. Karena itu diperlukan aturan untuk mengatur keberadaan pom mini di Samarinda.

Usulan datang dari Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda, Angkasa Jaya Djoerani. Angkasa Jaya menyampaikan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mambuat Peraturan Daerah (Perda) untuk mengatur keberadaan pom mini.

Angkasa Jaya menyatakan bahwa hampir sebagian besar pom mini di Kota Samarinda sampai saat ini belum memiliki izin operasional yang jelas.

Pemkot Samarinda, menurut Angkasa Jaya, perlu mengeluarkan aturan dalam mengatur keberadaan pom mini seperti melalui peraturan daerah.

“Permasalahan pertamini itu sebenarnya sudah diserahkan ke pihak Pemkot. Pertamini eceran itu tidak ada izin sama sekali,” ujar Angkasa Jaya, Kamis 10 Maret 2022.

Angkasa Jaya memberikan gambaran bahwa selama ini pihak Pertamina sebagai perusahaan telah membuat Pertashop untuk eceran BBM. Pertashop jelas telah memiliki aturan dan perizinan.

Selain itu, Pertashop juga disertai standar dan persyaratan sehingga terjamin oleh aturan.

Terkait keberadaan pom mini tidak memiliki izin dari Pertamina selaku produsen bahan bakar.

Artinya, pom mini tidak memiliki izin resmi dari Pertamina.

Selain itu, keberadaan Pertashop dari Pertamina juga mengatur lokasi dari pemukiman sehingga aman dengan sejumlah syarat.

Contohnya memiliki jarak tertentu dari pemukiman warga. Pun, jika dibangun di depan rumah, bangunan rumah dimaksud tidak berbahan kayu.

“Pertamini eceran itu sebenarnya tidak boleh sembarangan, harus memiliki izin dan memenuhi syarat. Untuk pom mini sendiri selama ini tidak memenuhi syarat sama sekali,” ujar Angkasa Jaya.

Hingga saat ini, Komisi III DPRD Samarinda tetap memberikan perhatian serius terhadap permasalahan pom mini tersebut.

Komisi III pun berharap agar Pemkot Samarinda segera mengeluarkan sikap atas pom mini yang makin menjamur.

“Kami berharap agar Pemkot mengeluarkan Perda khusus untuk mengatur pom mini itu” ujar Angkasa Jaya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

DMCA.com Protection Status