Clicky

Wajah Baru Los Ayam Pasar Segiri Yang Tertata Rapi

Foto- Ist

KLIKSAMARINDA – Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi meninjau langsung keberadaan los ayam baru di Pasar Segiri Samarinda. Kondisinya telah berubah sejak pemindahan beberapa hari lalu dari lokasi sebelumnya.

Peninjauan ini berlangsung Senin, 15 Maret 2021, saat Wawali Rusmadi blusukan menyapa pedagang pasar Segiri. Wawali Rusmadi mengajak para pedagang agar menyadari jika Pasar Segiri perlu berbenah diri untuk menciptakan pasar tradisional yang lebih rapi dan bersih.

Dalam program 100 hari kerja, Wawali Rusmadi bersama Wali Kota Andi Harun berupaya untuk memperbaiki sistem hingga fasilitas agar menjadi sebuah pasar yang sehat, bersih dan nyaman.

Menurut Wawali Rusmadi, kunjungan pasar tradisional di Samarinda untuk melihat segi kebersihan, lahan parkir kendaraan, hingga terminal bongkar muat barang kebutuhan para pedagang.

Dalam kunjungannya ini, Wawali didampingi Asisten II Sekretariat Kota Samarinda, drg Nina Endang Rahayu, Kepala Dinas PUPR Pahlawan Mardanus, Kepala Dinas Perdagangan Marnabas serta Kepala Satpol PP M Darham dan Plt Kepala Dishub Samarinda Herwan Ri’fai.

Rusmadi juga meninjau bongkar muat barang sementara tepat di bawah lahan parkir milik Segiri Grosir Samarinda (SGS). Wawali Rusmadi meminta agar aktivitas bongkar muat tidak dilakukan di lahan tersebut.

“Kalau bisa lahan ini jangan lagi diaktifkan sebagai terminal bongkar muat barang, karena area ini akan kita manfaatkan sebagai lahan parkir kendaraan roda dua. Sedangkan lapak pedagang yang ada, perlahan kita akan dipindahkan,”ujar Wawali Rusmadi.

Wawali Rusmadi menyarankan kepada Plt Kadis Perhubungan, terminal agar penyangga bongkar muat barang hanya terpusat di lokasi tugu Linmas yang termasuk di luar Pasar Segiri.

“Karena tujuan kita ingin menciptakan pasar yang rapi, maka terlebih dahulu kita benar-benar mengetahui masalah penyangga terminal dan parkir kendaraan pengunjung dan pedagang disini,” ujar Wawali Rusmadi.

Begitu pun terkait masalah drainase juga tak lepas dari sorotan Wawali. Genangan air yang tak kunjung mengering membuat pasar terlihat kotor di beberapa lorong-lorong pedagang.

Ia pun langsung mengintruksikan Kepala Dinas PUPR untuk segera mengambil tindakan agar drainase pasar Segiri agar air bisa mengalir lancar ke anak sungai karang Mumus yang berada tepat di belakang pasar Segiri.

“Bahkan info dari pedagang tadi jika turun hujan deras beberapa lorong pasar selalu tergenang udara, untuk itu saya minta instansi terkait agar segera mengatasi masalah ini,” ujar Wawali Rusmadi.

Menurut ujar Wawali Rusmadi, Pemkot Samarinda akan melakukan perbaikan drainase pada dua jalur. Jalur pertama pada lorong pasar dan jalur kedua pada jalan utama masuk ke pasar. (*)

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status