Wawali Rusmadi Sidak Sembako, Pastikan Stok Aman Jelang Puasa

Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi, saat meninjau pasar tradisional, Senin 21 Maret 2022. (Foto: dok Humas)

KLIKSAMARINDA – Wakil Wali Kota Samarinda, Rusmadi turun meninjau pasar tradisional dan pasar modern di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Senin 21 Maret 2022. Wawali Rusmadi mengecek langsung ketersediaan bahan pokok penting (bapokting) pangan menjelang bulan suci Ramadhan.

Dalam tinjuan tersebut, Wawali Rusmadi mendatangi Pasar Segiri, Indogrosir, CV Sungai Budi, CV dermaga, dan Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Sidak ini untuk memastikan ketersediaan dan harga terkendali. Dari hasil evaluasi kunjungan pertama, sisi ketersediaan bulog untuk beras sejumlah 882 ton. Kemudian, kebutuhan warga Samarinda 300 ton per bulan, sehingga dalam waktu 2,5 bulan sampai pada saat lebaran dalam kondisi aman,” ujar Wawali Rusmadi.

Untuk minyak goreng, Wawali di Indogrosir dan ke beberapa distributor lainnya, dipastikan barang tersedia. Hanya saja, harga minyak goreng saat ini meyesuaikan dengan mekanisme pasar.

Wawali Rusmadi berharap agar masyarakat tidak panik dan diminta bersabar karena harga menyesuaikan dengan mekanisme pasar saat ini.

Dari temuan Wawali Rusmadi, diketahui minyak goreng saat ini harganya berkisar antara Rp44 ribu sampai Rp52 ribu per 2 liter. Di tingkat pengecer, pedagang eceran rata-rata tidak ada yang rencana menjual di atas Rp55 ribu.

“Pemerintah akan terus berupaya melakukan operasi pasar dengan memberikan harga murah. Dari sisi ketersediaan, insyaallah aman untuk bulan puasa. Hanya saja saat ini masyarakat kita harapkan untuk tidak panik. Artinya barang tersedia, tetapi sedikit bersabar karena harga menyesuaikan mekanisme pasar,” imbuhnya.

Wawali Rusmadi juga menemukan sejumlah fakta kenaikan harga bahan pokok di lapangan. Antara lain, kenaikan harga gula, tepung, bawang putih. Sementara harga cabai mengalami penurunan harga yang relatif stabil.

Untuk gula putih di Indogrosir berkisar Rp13.500 dan untuk eceran di Pasar Segiri berkisar Rp15.000.

Kemudian tepung dari harga Rp9.000 menjadi Rp10.000-an. Memang mengalami sedikit kenaikan.

“Tetapi masih dalam batas normal. Yang terpenting saat ini barang ada dulu. Soal harga, mudah-mudahan kalaupun ada kenaikan, tetapi tidak sampai merisaukan masyarakat,” ujar Wawali Rusmadi.

Wawali Rusmadi juga menegaskan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda tetap berupaya untuk menstabilkan harga serta memastikan ketersediaan bahan pokok penting (bapokting) untuk warga selama bulan Ramadan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

DMCA.com Protection Status